Penulis Utama : Aldo Pradipta Dharmawan
NIM / NIP : K1212003
×

Aldo Pradipta Dharmawan. K 1212003. KAJIAN STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL KELIR SLINDET KARYA KEDUNG DARMA ROMANSHA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017.

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan:  (1)  mendeskripsikan unsur pembangun novel  Kelir Slindet; (2) bentuk-bentuk majas, dan citraan atau imaji; (3) nilai-nilai Pendidikan novel Kelir Slindet Karya Kedung Darma Romansha.

Jenis  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif kualitatif dengan metode content analysis atau analisis isi. Penelitian ini mendeskripsikan atau menggambarkan apa yang menjadi masalah, kemudian menganalisis dan menafsirkan data yang telah dikumpulkan. Metode content analysis atau  analisis  isi  adalah  metode  yang  digunakan  untuk  menelaah  isi  dari  suatu dokumen, dokumen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Kelir Slindet karya Kedung Darma Romansha. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan stilistika yaitu mengkaji majas dan citraan dalam novel Kelir Slindet karya Kedung Darma Romansha, selain itu dikaji juga unsur pembangun novel dan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel tersebut.

. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: dalam novel Kelir Slindet Karya Kedung Darma Romansha memanfaatkan beberapa bentuk majas, citraan. Bentuk-bentuk yang tercakup dalam penelitian ini yaitu Majas atau gaya bahasa yang digunakan dalam novel Kelir Slindet cukup banyak. Majas-majas tersebut antara lain: majas personifikasi sebanyak 23 data; sarkasme 22; aliterasi 21; asosiasi 20; simbolik
16, repetisi 9; hiperbola 9; interupsi 8; koreksio 7; paradoks 6; metafora 6; resentia 6; klimaks 5; antithesis 5; epizeuksis 5; tautologi 5; elipsis 5; metonimia 5; alegori 5; paralelisme 4; oksimoron 4; antiklimaks 4; erotesis 4; ironi 4; epanalepsis 3; polisindeton 2; alusio 2; epitet 2; alusi 1; satire 1; anaphora 1; parabel 1. Majas yang paling dominan adalah majas personifikasi yaitu sebanyak 20% atau 23 data dari 317 data. Citraan yang digunakan dalam novel Kelir Slindet ada enam citraan. Citraan- citraan tersebut antara lain: (1) citraan penglihatan; (2) Citraan pendengaran;

 


(3) Citraan penciuman; (4) Citraan perasaan; (5) Citraan gerak; dan (6) Citraan takil. Nilai
Pendidikan yang terdapat dalam penelitian ini antara lain: (1) Nilai pendidikan agama;
(2) Nilai pendidikan moral; (3) Nilai pendidikan social; dan (4) Nilai Pendidikan budaya.

 

Kata Kunci: majas, intrinsik, citraan, stilistika, pendidikan

×
Penulis Utama : Aldo Pradipta Dharmawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212003
Tahun : 2017
Judul : Kajian stilistika dan Nilai Pendidikan Novel Kelir Slindet Karya Kedung Darma Romansha
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pend Bahasa Indonesia- K1212003-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yant Mujiyanto, M.Pd.
2. Prof. Dr. Suyitno, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.