Penulis Utama : Andini Dwi Prihatini
NIM / NIP : K1510007
×

ABSTRAK

Andini Dwi P. K1510007. KAJIAN GREEN BUILDING BERDASARKAN KRITERIAN EFISIENSI ENERGI PADA RUMAH JOGLO SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH APLIKASI PERENCANAAN DAN PERANCANGAN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi Green Building pada aspek pencahayaan alami pada rumah joglo ditinjau dari SNI 03-6197-2000; (2) mengetahui implementasi Green Building pada aspek penghawaan alami pada rumah Joglo ditinjau dari SNI 03-6572-2001; (3) mengetahui implementasi Green Building pada rumah Joglo apabila digunakan dalam pengembangan bahan ajar mata kuliah Aplikasi Perencanaan dan Perancangan di prodi PTB FKIP UNS.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan mengukur pencahayaan alami, kecepatan udara, kelembapan udara dan temperatur udara di masing-masing ruangan dalam rumah joglo, serta penghuni menjawab kuesioner yang disediakan. Subjek penelitian adalah rumah joglo yang berjumlah 6 rumah. Sumber data berasal dari hasil pengukuran menggunakan alat dan kuesioner. Teknik pengumpulan data dengan observasi, pengukuran menggunakan Light Meter dan 4 In 1 Envirometer, serta kuesioner. Analisis data menggunakan: (1) analisis statistik deskriptif dan (2) analisis konten. Prosedur penelitian adalah tahapan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 89,74% pencahayaan alami pada obyek penelitian tidak memenuhi persyaratan SNI 03-6197-2000, 82,25% kecepatan angin pada obyek penelitian tidak memenuhi persyaratan SNI 03-6572-
2001, untuk kelembapan udara dan temperatur dalam ruang pada obyek penelitian tidak memenuhi persyaratan SNI 03-6572-2001. Simpulan penelitian ini adalah: (1) pada obyek penelitian yaitu Rumah Joglo untuk aspek pencahayaan belum memenuhi persyaratan SNI; (2) penghawaan alami belum memenuhi persyaratan SNI; (3) bahan ajar mata kuliah Aplikasi Perencanaan dan Perancangan sudah mengimplementasikan konsep Green Building.

Kata Kunci: Joglo, pencahayaan alami, penghawaan alami

 

×
Penulis Utama : Andini Dwi Prihatini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1510007
Tahun : 2017
Judul : Kajian Green Building Berdasarkan Kriteria Efisiensi Energi pada Rumah Joglo (Sebagai Suplemen Bahan Ajar Mata Kuliah Aplikasi Perencanaan dan Perancangan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Teknik Bangunan-K 1510007 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. A. G. Thamrin, M. Pd., M. Si
2. Ir. Chundakus Habsya, M. Ars
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.