Penulis Utama : Ario Purwo Dyatmiko
NIM / NIP : F0114017
×

ABSTRAK

 

Ario Purwo Dyatmiko. 2017. F0114017. Analisis Pengaruh Bubble Theory Terhadap Harga Saham Pertambangan (Studi Kasus Saham BUMI dan ENRG). Fakultas Ekonomidan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bubble Theory terhadap harga saham BUMI dan ENRG dan perbandingan pengaruh Bubble Theory terhadap harga saham BUMI dan ENRG. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Variabel yang diteliti adalah variabel dependen yaitu harga saham dan variabel independen yaitu market turnover, trading volume dan return on equity. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif dengan analisis Ordinary Least Square.

Saham   Bumi dan saham ENRG menjadi topik penelitian dikarenakan terjadi anomali harga yang menyebabkan harga saham tersebut naik, sedangkan nilai fundamental perusahaan kurang baik, sehingga dapat dikatakan nilai intrinsik dari harga saham lebih besar dari nilai fundamental perusahaan BUMI dan ENRG. Berdasarkan  hasil  penelitian,  pengaruh  Bubble  Theory  terhadap  harga  saham BUMI dan saham ENRG adalah membuat harga saham BUMI dan saham ENRG turun yang sebelumnya berada pada titik yang stabil. Sedangkan perbandingan pengaruh Bubble Theory terhadap harga saham BUMI dan saham ENRG adalah penurunan harga dari ke dua saham, tetapi hal tersebut memiliki dampak yang lebih besar pada saham ENRG.

Turunnya harga saham BUMI dan saham ENRG terjadi karena pecahnya bubble pada kedua saham tersebut. Faktor penyebebab terjadinya penggelembungan dalam harga kedua saham tersebut adalah  market turnover, trading volume dan return on equity meletusnya gelembung yang mengakibatkan harga turun dalam kedua saham ini memiliki dampak yang berbeda pada saham BUMI dan saham ENRG, dampak yang ditimbulkan meletusnya bubble lebih berdampak pada saham ENRG yang mengakibatkan saham ini jatuh pada titik dasar dan sulit untuk kembali pada harga awalnya, sedangkan untuk saham BUMI lebih mudah dalam membalikkan keadaan terpuruknya setelah terjadinya bubble yang meletus, pada jangka panjang, kedua saham ini memiliki kecenderungan sulit kembali pada titik awal, dikarenakan nilai fundamental perusahaan BUMI dan ENRG yang sudah tidak stabil.

Kata Kunci: Bubble Theory, Saham, Ordinary Least Square

×
Penulis Utama : Ario Purwo Dyatmiko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114017
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Bubble Theory Terhadap Harga Saham Pertambangan (Studi Kasus Saham Bumi dan ENRG)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi dan Bisnis-Prog Ekonomi Pembangunan-F0114017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, S.E., M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.