Penulis Utama : Rizqa Putra Pratama
NIM / NIP : I0113117
×

Pembangunan gedung bertingkat tinggi  di Pulau Jawa yang berkembang sangat pesat menuntut kebutuhan lahan yang semakin meningkat sehingga tidak dapat dihindari jika lahan memiliki tanah dasar berupa tanah ekspansif. Perilaku kembang susut yang dimiliki tanah ekspansif akan menyebabkan kerusakan pada bangunan. Permasalahan ini sangat mengkhawatirkan  maka perlu dilakukan suatu metode perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki tanah ekspansif dengan menggunakan campuran kapur dan tras.

Parameter  perbaikan  yang  ditinjau  adalah    nilai  potensi  mengembang,  nilai tekanan mengembang, nilai sudut gesek dalam ( ? ), dan nilai kohesi ( c ). Variasi campuran yang digunakan adalah 0%, kapur 5% dengan tras 2.5%; 5%; 7.5%;
10%, dan kapur 7,5% dengan tras 2.5%; 5%; 7.5%; 10?ri berat tanah kering udara. Kondisi kadar air yang digunakan pada pengujian potensi mengembang dan tekanan mengambang berada pada kondisi air kering, sedangkan nilai sudut gesek dalam (?) dan nilai kohesi (c) menggunakan pengujian direct shear dengan kadar air optimum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan campuran kapur dan tras akan menurunkan nilai potensi mengembang dan tekanan mengembang, memperbesar nilai  sudut  gesek  dalam  (?)  dan  memperkecil  nilai  kohesi  (c)  pada  tanah ekspansif. Campuran terbaik untuk tanah ekspansif adalah pada kadar kapur 7.5% dan tras 10%. Nilai potensi mengembang dari campuran tersebut 21%, nilai tekanan mengembang 80 kPa, nilai sudut gesek dalam (?) 42,91o  pada kondisi unsoaked, dan Nilai kohesi 0,076 kg/cm2 pada kondisi unsoaked.

 

×
Penulis Utama : Rizqa Putra Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113117
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Penggunaan Campuran Kapur Dan Tras Pada Tanah Ekspansif Ditinjau Dari Swelling Parameter, Nilai Kohesi, Nilai Sudut Gesek Dalam
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-Prodi Teknik Sipil-I0113117-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Noegroho Djarwanti, M.
2. Dr. Niken Silmi Sujandari, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.