Penulis Utama : Farro Durrotul Qorri’aina
NIM / NIP : S811508005
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran terpadu Modifikasi Wolfinger berkaitan dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Alam Bengawan Solo Kabupaten Klaten pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian pengembangan bahan ajar ini menggunakan modifikasi pembelajaran terpadu Wolfinger yang terdiri atas 5 langkah yaitu: 1) penentuan topik, yakni memilih topik luas yang akan dipelajari siswa sebagai bagian pembelajaran terpadu, 2) pemilihan konsep, dan melengkapinya dengan kegiatan yang akan dipelajari siswa melalui sebuah tema, 3) pemilahan mata pelajaran,  yaitu menentukan mata pelajaran lain yang terkait pada konsep, 4) pembagian kegiatan, baik secara individu atau kelompok yang diurutkan secara sistematis, 5) Evaluasi, merupakan tahapan terakhir yang mana dilaksanakan tes pada kelas eksperimen untuk melihat ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran  penguasaan kosakata bahasa Inggris menggunakan model pembelajaran terpadu modifikasi Wolfinger. Produk pengembangan yang diujicobakan berupa handout bahan ajar; tinjauan dari ahli bahan ajar berkaitan dengan kurikulum, tinjauan dari ahli materi memuat aspek materi dan desain pembelajaran, metode penelitian yang digunakan adalah model Penelitian dan Pengembangan Sukmadinata. Sampel adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Alam Bengawan Solo (SABS).
    Hasil uji kelayakan dari para ahli yang terdiri dari ahli bahan ajar diperoleh hasil penilaian rata- rata 4,7 dengan kategori sangat baik, ahli materi mencapai rata- rata penilaian sebesar 4,6 yang mana masuk dalam kategori sangat baik.  Setelah produk bahan ajar direvisi berdasarkan tanggapan dari para ahli, produk kemudian diujicobakan pada kelompok kecil diperoleh hasil rata- rata 4,6 dengan perubahan hasil belajar pada uji coba tes saat pretest dan posttest yakni dari 63,33 meningkat menjadi 78,88. Selanjutnya pada tahap uji coba lapangan atau skala luas untuk menguji keefektifan produk bahan ajar handout menunjukkan adanya perbedaan capaian hasil belajar siswa dilihat dari rata- rata nilai yang didapat yakni pada kelas kontrol yang semula memperoleh nilai 55,11 saat pretest menjadi 67,5 saat posttest. Berdasarkan data tersebut, maka terbukti bahwa hasil pengembangan model pembelajaran terpadu modifikasi Wolfinger efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

 

×
Penulis Utama : Farro Durrotul Qorri’aina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811508005
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Modifikasi Wolfinger Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar Kelas IV di Sekolah Alam Bengawan Solo Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi MagisterTeknologi Pendidikan-S811508005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd
2. Prof.(Em) Dr. Sri Anitah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.