Penulis Utama : Tyas Apriliana
NIM / NIP : K3213058
×

       Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran gerabah mata pelajaran seni budaya kelas VII A di SMP N 2 Slogohimo, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran gerabah mata pelajaran seni budaya kelas VII A di SMP N 2 Slogohimo, (3) hasil pembelajaran gerabah berdasarkan ide, bentuk, kerapian dan finishing.
       Penelitan dilaksanakan di SMP N 2 Slogohimo kelas VII A pada bulan April-Juni 2017. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi Guru Seni Budaya SMP N 2 Slogohimo, peserta didik kelas VII A, lokasi penelitian, perangkat pembelajaran dan nilai tugas. Teknik pengambilan subyek  penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang dipakai adalah triangulasi sumber  dan review informan. Teknik analisis data adalah flow model analysis yang meliputi: periode pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan/verifikasi.
       Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tujuan pembelajaran yang belum sesuai dengan RPP yang telah dibuat berdasarkan KTSP 2006. Materi pembelajaran yang digunakan guru telah sesuai dengan kompetensi dasar yang tercantum dalam silabus pembelajaran SMP kelas VII semester 2. Terdapat tiga metode yang digunakan guru yaitu metode demonstrasi, pemberian tugas dan latihan. Media pembelajaran yang digunakan guru yaitu berupa papan tulis, power point dengan menggunakan LCD dan model kerajinan gerabah. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru yaitu melakukan remidial bagi peserta didik yang nilainya masih di bawah KKM. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran gerabah yaitu berupa tanah liat yang sangat mudah untuk ditemukan dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran gerabah antara lain dari sarana prasarana, pemahaman peserta didik dan contoh gerabah yang kurang. Nilai rata-rata kelas VII A bardasarkan ide, bentuk, kerapian dan finishing yaitu 79,83 untuk desain gerabah, sedangkan rata-rata untuk hasil karya gerabah yaitu 82,00. Semua peserta didik kelas VII A telah mencapai KKM, sehingga guru tidak perlu melakukan remidi.

 

×
Penulis Utama : Tyas Apriliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213058
Tahun : 2017
Judul : Pelaksanaan Pembelajaran Gerabah Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII A di SMP Negeri 2 Slogohimo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Seni Rupa-K3213058-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M. Pd
2. Endang Sri Handayani, M. Sn.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.