Penulis Utama : Lintang Khrisnadiany P.
NIM / NIP : C9614013
×

Abstrak

Lintang Khrisnadiany Pratiwi. C9614013. 2017. Efektivitas Metode Permainan Komunikata dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Kelas 3 dan Kelas 4 SD Tripusaka.

Program Studi DIII Bahasa Mandarin, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas
Maret Surakarta.

Laporan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui keefektivitasan metode permainan komunikata dalam pembelajaran kosakata Bahasa Mandarin. Tujuannya untuk mengetahui apakah permainan komunikata dapat membuat siswa lebih memahami kosakata Bahasa Mandarin, kelebihan dan kelemahan metode permainan komunikata, serta mengetahui hambatan  dan  cara  mengatasi  kesulitan  yang  dihadapi  siswa  maupun  penulis dalam proses belajar Bahasa Mandarin.

Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Penulis mencoba meneliti secara langsung untuk membuktikan hasil penggunaan metode permainan komunikata dalam pengajaran kosakata Bahasa Mandarin pada siswa kelas 3 dan siswa kelas 4
SD Tripusaka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan komunikata dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai ulangan dan evaluasi akhir di kelas 3 dan kelas 4 yang mengalami kenaikan dari 97 menjadi 100, sedangkan kelas 4 mengalami kenaikan nilai dari 45,34 menjadi 65,83.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan komunikata dapat membantu siswa dalam memahami dan menghafal kosakata, sehingga semangat belajar siswa dalam belajar Bahasa Mandarin meningkat.
Kata Kunci : Bahasa Mandarin, Metode Permainan Komunikata, Kosakata.
 

 

×
Penulis Utama : Lintang Khrisnadiany P.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9614013
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas Metode Permainan Komunikata dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Kelas 3 dan Kelas 4 SD Tripusaka
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Sastra Tionghoa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya.Prog. Bahasa Mandarin-C9614013 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dani Putri Septi K, B. Ed, MTCSOL
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.