Penulis Utama : Ala Riskha Dita
NIM / NIP : R0213003
×

ABSTRAK

LatarBelakang : Bagian finishing di industri tekstil memiliki sumber panas. Suhu lingkungan kerja yang tinggi dapat menyebabkan kelelahan. Kelelahan terjadi akibat dari dehidrasi yang disertai dengan perubahan keseimbangan elektrolit. Untuk menurunkan kelelahan kerja akibat terpapar panas dapat melalui pemberian larutan elektrolit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian larutan elektrolit terhadap kelelahan kerja pada pekerja terpapar panas bagian finishing PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan pendekatan time series design, dengan sampel penelitian 30 tenaga kerja bagian finishing. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur kelelahan kerja menggunakan reaction timer. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik wilcoxon untuk menguji pengaruh pemberian larutan elektrolit terhadap kelelahan kerja.

Hasil : Pada penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara tekanan panas dan kelelahan kerja. Secara statistik hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh pemberian larutan elektrolit terhadap kelelahan kerja dengan ­p-value < 0>

Simpulan : Ada pengaruh pemberian larutan elektrolit terhadap kelelahan kerja pada pekerja terpapar panas bagian finishing PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar secara statistik, namun pemberian larutan elektrolit belum dapat menurunkan tingkat kelelahan kerja.

Kata Kunci : Larutan Elektrolit, Kelelahan Kerja, Tekanan Panas.

×
Penulis Utama : Ala Riskha Dita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0213003
Tahun : 2017
Judul : Pemberian Larutan Elektrolit terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja Terpapar Panas Bagian Finishing Pt. Kusumahadi Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Keselamatan Dan Kesehatan Kerja-F1315062-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Istar Yuliadi, M.Si., FIAS
2. Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.