Penulis Utama : Bayu Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213018
Tahun : 2017
Judul : Kreasi Patung Kawat Pada Pembelajaran Seni Budaya Dikelas Viie SMP N 2 Tulung Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Seni Rupa- K3213018-2017
Subyek : PROSES PEMBELAJARAN, SENI BUDAYA, PATUNG KAWAT.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Bayu Nugroho. K3213018. KREASI PATUNG KAWAT PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIIE SMP N 2 TULUNG KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran kreasi patung kawat (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa maupun guru dalam proses  pembelajaran  kreasi  patung  kawat  (3)  mengetahui  hasil  karya  yang  telah dibuat oleh siswa kelas VIIE di SMP Negeri 2 Tulung.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Himawan Susanto selaku guru seni budaya di SMP Negeri 2 Tulung dan siswa-siswa kelas VIIE, serta menggunakan foto hasil karya dan dokumen-dokumen yang ada. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi data dan review informan. Analisis yang digunakan adalah flow model yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran dengan materi patung kawat pada pelajaran seni budaya sudah berjalan dengan baik, guru menyampaikan  materi  tersebut  dengan  meggunakan  empat  metode  pembelajaran yaitu: metode ceramah, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, dan metode tanya jawab. Selain itu siswa juga dapat berkarya secara langsung menuangkan ide dan  gagasannya ke dalam sebuah karya patung kawat.  (2) kendala-kendala  yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam proses pembelajaran meliputi (a) segi minat siswa (b) segi waktu pembelajaran (c) segi  media patung (d) segi tempat duduk. (3) karya yang dihasilkan oleh siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Tulung berbentuk mahluk hidup diantaranya patung bunga, patung binatang, dan patung manusia. Patung tersebut masuk kedalam kategori patung kerajinan dan teknik yang digunakan untuk membuat karya patung kawat tersebut adalah teknik assembling.

Kata Kunci: proses pembelajaran, seni budaya, patung kawat.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. My Ning Yuliastuti, M.Pd.,
2. Endang Sri Handayani, S.Sn., M. Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP