Penulis Utama : Cahyo Edi Wicaksono
NIM / NIP : F0113024
×

ABSTRAK

Cahyo  Edi Wicaksono

NIM. F0113024

ANALISIS PENGARUH AKSES KREDIT TERHADAP KINERJA INDUSTRI ALAS KAKI DARI KULIT
(Studi Kasus : Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kredit bank dan koperasi serta pengaruh faktor modal, tenaga kerja dan lama usaha terhadap omzet industri alas kaki dari kulit di Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Diduga, kredit bank, kredit koperasi, modal, jumlah tenaga kerja, dan lama usaha memiliki pengaruh positif terhadap omzet industri alas kaki dari kulit di Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 97 industri alas kaki  dari  kulit  dengan  metode  random  sampling  di  tiga  kelurahan/desa  di Kecamatan  Magetan  diantaranya  Kelurahan  Magetan,  Kelurahan  Selosari  dan Desa Candirejo. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan variabel dummy dan uji statistik dengan dibantu program eviews 9.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen modal, tenaga kerja, dan kredit bank sekaligus koperasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel omzet. Sedangkan variabel kredit koperasi, kredit bank dan lama usaha menunjukkan  pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap variabel omzet. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,941 menunjukkan bahwa 94,1% variasi dari  perubahan   yang  terjadi  terhadap   omzet  industri  alas  kaki  dari  kulit dipengaruhi oleh variabel dalam model, sedangkan 5,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar model. Sedangkan hasil Uji F diperoleh F hitung > F tabel yang menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen. Dalam menigkatkan omzet, pemilik  industri alas kaki dari kulit disarankan untuk meningkatkan jumlah modal dan tenaga kerja serta disarankan untuk menggunakan kredit dari bank atau kredit dari bank sekaligus koperasi.

Kata Kunci: Omset,  industri alas kaki dari kulit,  modal  usaha, tenaga kerja, lama usaha, kredit bank, kredit koperasi, random sampling, analisis regresi linier berganda.

 

×
Penulis Utama : Cahyo Edi Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113024
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Akses Kredit Terhadap Kinerja Industri Alas Kaki Dari Kulit (Studi Kasus : Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. Ekonomi Pembangunan- F0113024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto M.E
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.