Penulis Utama : Putri Safitri
NIM / NIP : K1313059
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi membelajarkan matematika menggunakan bahasa Inggris pada siswa SMP yang dirinci menjadi tiga bagian yaitu: (1) melakukan kegiatan pembuka, (2) melakukan kegiatan inti, dan (3) melakukan kegiatan penutup pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan peneliti dan observasi yang dilakukan guru pengampu mata pelajaran matematika sebagai observer. Subyek penelitian adalah peneliti dan siswa-siswa kelas M.2/12 Surat Thani School, Thailand. Teknik pengumpulan data penelitian adalah teknik observasi yang dilakukan peneliti di kelas M.2/12 pada pembelajaran matematika materi Ratio  yang  direkam  menggunakan  handycam  sebanyak  tiga  kali  dan  hasil observasi guru pengampu sebanyak tiga kali. Proses analisis data dilakukan berdasarkan pendapat Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber
data.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) Strategi dalam kegiatan  pembuka  dilakukan  dengan  cara  memberikan    apersepsi  yang  kuat dengan  membangun istilah  penting tentang  materi  pembelajaran,  menjelaskan istilah  matematika  menggunakan  istilah  sosial,  menghubungkan  istilah matematika  dengan  objek  nyata,  menjelaskan  informasi  dengan  cara  yang berbeda, menggunakan gesture, aksi dan intonasi lisan pada penekanan istilah tertentu, dan menggunakan istilah matematika secara konsisten. (2) Strategi dalam kegiatan inti dilakukan dengan cara membelajarkan materi dan memberikan scaffolding dengan  penyampaian instruksi dengan  cara  memberi  jeda  sejenak secara berkala dan memberi waktu tunggu, menggunakan manipulasi gambar dan ilustrasi, membuat word wall dan kamus pribadi, membuat model dengan graphic organizers dan peta konsep, menerjemahkan logical connectors atau kalimat implikasi, serta menyederhanakan instruksi matematika. (3) Strategi dalam kegiatan penutup dilakukan dengan cara menarik kesimpulan, melakukan refleksi dan penugasan yang bermakna bagi siswa.

 

×
Penulis Utama : Putri Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313059
Tahun : 2017
Judul : Strategi Membelajarkan Matematika Menggunakan Bahasa Inggris Pada Siswa SMP Di Negara Yang Berbahasa Ibu Bukan Bahasa Inggris (Studi Kasus Di Surat Thani School, Thailand)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Matematika-K1313059-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M. Si
2. Dr. Laila Fitriana, S. Pd, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.