Penulis Utama : Faradina Dyah Wulansari
NIM / NIP : F1315041
×

ABSTRAK


PENGARUH TINGKAT EFISIENSI BANK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DENGAN PERTUMBUHAN KREDIT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
(Studi pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia Tahun 2011-2015)

 

Oleh:

FARADINA DYAH WULANSARI F1315041

Penelitian bertujuan untuk menguji hubungan antara kinerja efisiensi bank terhadap pertumbuhan kredit bank, serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi suatu daerah dengan dimediasi pertumbuhan kredit.
Paramater model penelitian atas data panel menggunakan regresi dengan bantuan Eviews 8 dan model analisis jalur (Path Analysis), untuk menerangkan akibat  langsung  dan  tidak  langsung  variabel  dependen  yaitu  pertumbuhan ekonomi daerah, variabel independen yaitu rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan variabel mediasi yaitu pertumbuhan kredit. Penentuan   sampel   penelitian   ini   dilakukan   dengan   menggunakan   metode purposive sampling.   Sampel terdiri Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia periode 2011-2015 diperoleh sebanyak 26 bank.  Sumber data merupakan data sekunder yang diperoleh melalui website OJK, Bank Indonesia, dan website masing-masing bank.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa H1  dan H2  didukung sedangkan H3 tidak didukung. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan regresi BOPO mempengaruhi pertumbuhan kredit negatif signifikan dengan nilai probabilitas
0.0001 (<0>0.0042  (<0>pertumbuhan ekonomi daerah yang dimediasi pertumbuhan kredit menunjukkan secara   tidak   langsung   atau   dengan   dimediasi   oleh   pertumbuhan   kredit memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan, yang tidak mendukung H3 .

Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Pertumbuhan Kredit, BOPO.

 

×
Penulis Utama : Faradina Dyah Wulansari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315041
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Tingkat Efisiensi Bank Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dengan Pertumbuhan Kredit Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia Tahun 2011-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. Akuntasi -F1315041-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Payamta, M.Si., Ak., CPA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.