Penulis Utama : Hendy Eka Purnama
NIM / NIP : H0813076
×

RINGKASAN


Hendy Eka Purnama. 2017. “Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor- Faktor Produksi pada Usahatani Kacang Tanah di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar”. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, MS. dan Susi Wuri Ani, S.P., M.P.   Fakultas Pertanian Universitas. Sebelas Maret Surakarta.
Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar, karena diantara kecamatan yang lainnya di Kabupaten Karanganyar   produksi kacang tanah paling banyak di Kecamatan Jumantono. Metode pengambilan lokasi penelitian dengan  purposive sampling (sengaja). Metode pengambilan sampel responden dengan menggunakan accidental sampling, karena tidak ada data yang mendukung   sebagai acuan kerangka populasi petani pemiliki penggarap usahatani kacang tanah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.   Teknik pengumpulan data berupa wawancara menggunakan kuisioner, pencatatan, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis biaya, penerimaan dan pendapatan untuk mengetahui biaya, penerimaan dan pendapatan usahatani kacang tanah, (2) Analisis faktor-faktor produksi terhadap hasil produksi untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor produksi yang digunakan terhadap hasil produksi, (3) Analisis tingkat efisiensi ekonomi untuk mengetahui faktor-faktor produksi yang berpengaruh terhadap hasil produksi berdasarkan efisiensi ekonominya.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata biaya yang dikeluarkan sebesar Rp
10.037.480,28 /Ha/MT. Rata-rata penerimaan usahatani kacang tanah sebesar Rp
14.162.824,4 /Ha/MT. Rata-rata pendapatan usahatani kacang tanah sebesar Rp
4.125.344,21 /Ha/MT. Faktor-faktor produksi yang digunakan dalam usahatani kacang tanah berupa luas lahan, tenaga kerja, pupuk organik, pupuk urea, pupuk NPK, pupuk ZA dan benih secara bersama-sama berpengaruh terhadap produksi kacang tanah. Pengaruh secara individu faktor produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi kacang tanah yaitu luas lahan, tenaga kerja, pupuk organik, pupuk ZA dan benih, sedangkan faktor-faktor produksi berupa pupuk urea dan pupuk NPK tidak berpengaruh nyata.   Faktor-faktor produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi kacang tanah yaitu luas lahan, tenaga kerja, pupuk organik, pupuk ZA dan benih sudah mencapai efisiensi teknis. Faktor-faktor produksi berupa luas lahan, tenaga kerja, pupuk organik, dan pupuk ZA belum efisien secara harga. Faktor produksi berupa benih tidak efisien secara harga. Faktor-faktor produksi berupa luas lahan, tenaga kerja, pupuk organik, pupuk ZA dan benih tidak efisien secara ekonomi.

 

×
Penulis Utama : Hendy Eka Purnama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813076
Tahun : 2017
Judul : Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Kacang Tanah Di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian-Prog. Agribisnis-H0813076-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Susi Wuri Ani, SP. MP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.