Penulis Utama : Alifa Nur Imawati
NIM / NIP : H3114004
×

ABSTRAK

Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan dengan diberi garam. Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik. Penambahan ekstrak jahe pada proses pembuatan telur asin dapat menghasilkan telur asin berperisa jahe. Selain rasa yang inovatif, telur asin ini juga mengandung antioksidan. Praktek produksi ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan telur asin dengan penambahan ekstrak jahe, mengetahui pengaruh penambahan ekstrak jahe terhadap karakteristik sensoris, serta mengetahui kelayakan usaha ditinjau dari analisisekonomi, sehingga diperoleh harga jual dari produk tersebut.
 Pada praktek produksi ini dilakukan pembuatan telur asin dengan penambahan ekstrak jahe dan telur asin tanpa penambahan ekstrak jahe yang masing-masing mendapat perlakuan pemasakan rebus, kukus dan oven. Kemudian dilakukan analisis sensori untuk mengetahui tingkat penerimaan konsumen. Uji sensori ini meliputi parameter warna, rasa, aroma, tekstur, dan overall telur asin dengan penambahan ekstrak jahe. Selain itu juga dilakukan uji aktivitas antioksidan dengan menggunakan metode DPPH.
Hasil analisis sensori telur asin penambahan ekstrak jahe terpilih formulasi 1 dengan menggunakan metode perebusan. Hasil analisis aktivitas antioksidannya, telur asin penambahan ekstrak jahe memiliki aktivitas antioksidan sebesar  7,82%. Hasil analisis ekonomi, kapasitas produksi telur asin penambahan ekstrak jahe adalah 3.600 kemasan/bulan, harga pokok penjualan sebesar Rp 13.849,-/kemasandan harga jual/kemasan sebesar Rp 16.157,-  sehingga diperoleh laba bersih sebesar Rp 5.151.185,-/bulan. Usaha akan mencapai titik impas pada tingkat produksi sebanyak 1.350  kemasan/bulan dengan harga Rp 13.849,-/ kemasan dan akan mengalami pengembalian modal dalam waktu 13 bulan. ROI sebelum pajak sebesar 19,31% dan setelah pajak sebesar 7,48%. Sedangkan B/C jahe sebesar 1,166 jadi usaha ini layak untuk dilakukan karena nialai B/C lebih dari 1.
Kata kunci: Telur Asin, Ekstrak Jahe, Proses Produksi Telur Asin dengan Penambahan Ekstrak Jahe, Analisis Ekonomi, Analisis Kelayakan Usaha

 

×
Penulis Utama : Alifa Nur Imawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3114004
Tahun : 2017
Judul : Praktek Produksi Telur Asin Dengan Penambahan Ekstrak Jahe
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : D-3 Teknologi Hasil Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Program Studi Diploma III Teknologi Hasil Pertanian, H3114004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lia Umi Khasanah, S.T, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.