Penulis Utama : Izati Choirina
NIM / NIP : F1315055
×

ABSTRAK

 

 

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERPILIHAN KEPALA DAERAH PETAHANA PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH 2015


Izati Choirina
NIM: F1315055

 

 


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penilaian kinerja pemerintah daerah, kapasitas keuangan daerah, dan dukungan partai politik dominan terhadap keterpilihan kepala daerah petahana pada pemilukada serempak di tahun 2015. Partai politik dominan ditentukan dengan jumlah kursi yang didapatkan partai di DPRD setempat pada pemilu legislatif 2014. Sedangkan keterpilihan kepala daerah petahana ditentukan atas menang atau tidaknya kandidat dalam pemilukada 2015.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah kabupaten/kota di Indonesia yang mengikuti pemilukada
2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 98 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, website Komisi Pemilihan Umum dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil uji menunjukkan bahwa kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah berpengaruh positif terhadap keterpilihan kepala daerah petahana. Sedangkan kapasitas keuangan daerah dan dukungan partai politik dominan tidak berpengaruh terhadap keterpilihan kepala daerah petahana.


Kata Kunci:    kinerja  pemerintah  daerah,  kapasitas  keuangan  daerah,  pemilu, petahana, ekppd.

 

×
Penulis Utama : Izati Choirina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315055
Tahun : 2017
Judul : Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keterpilihan Kepala Daerah Petahana Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. Akuntasi -F1315055 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Halim Dedy Perdana, S.E, Msm, M.Rech, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.