Penulis Utama : Heni Cintia Dewi
NIM / NIP : K4613071
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor pada siswa kelas III SD Negeri Banyuanyar 2 tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas III SD Banyuanyar 2 yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 21 siswa putra dan 17 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan atau observasi yang dideskripsikan dengan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus.
Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan pendekatan bermain loco game dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar gerak dasar lokomotor pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 55,27% atau sebanyak 21 siswa dari 38 siswa. Peningkatan hasil belajar gerak dasar lokomotor juga terj di pada siklus II dengan prosentase sebesar 84,21% atau sebanyak 32 siswa yang tergolong kriteria tuntas dengan KKM 75 dan 6 siswa lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penggunaan pendekatan bermain loco game dapat meningkatan hasil belajar gerak dasar laokomotor pada siswa kelas III SD Negeri Banyuanyar 2 tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci : Hasil Belajar, Gerak Dasar Lokomotor, Pendekata Bermain

 

×
Penulis Utama : Heni Cintia Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613071
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Pendekatan Bermain Loco Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Kelas III SD Negeri Banyuanyar 2 Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. IKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, K4613071-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.,
2. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.