Penulis Utama : Mochammad Arief Wicaksono
NIM / NIP : F1315114
×

ABSTRAK

 

 

PENERAPAN WHISTLEBLOWING SYSTEM SEBAGAI MEKANISME PENERAPAN GOOD PUBLIC GOVERNANCE
DI BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN

 

 


Mochammad Arief Wicaksono

NIM: F1315114

 


Praktik korupsi yang marak terjadi di Indonesia membuat pemerintah harus melakukan tindakan preventif, salah satunya dengan penerapan reformasi birokrasi di segala lini pemerintahan. Sebagai salah satu lembaga negara, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah melaksanakan reformasi birokrasi diantaranya melalui penerapan prinsip-prinsip Good Public Governance. Langkah konkret yang diambil BPKP adalah dengan melaksanakan kebijakan Whistleblowing System (WBS) pada Tahun 2013. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana kebijakan dan penerapan WBS di BPKP melalui metode kualitatif dengan memanfaatkan data primer (wawancara) dan data sekunder dari BPKP Pusat serta sumber lainnya.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hampir seluruh aspek kebijakan telah sesuai dengan pedoman dan literatur. Pelaksanaannya berjalan cukup baik, tetapi beberapa kendala masih terjadi seperti pemahaman atas Whistleblowing System yang belum merata dan kurang optimalnya sarana pengaduan. Oleh karena itu sosialisasi kepada pegawai BPKP dan seluruh stakeholdernya serta penanganan dan tindak lanjut  yang nyata dan efektif menjadi kunci atas penyelesaian  kendala tersebut.

 

Kata Kunci: Kecurangan, Reformasi Birokrasi, Good Public Governance, Whistleblowing System, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

 

×
Penulis Utama : Mochammad Arief Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315114
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Whistleblowing System Sebagai Mekanisme Penerapan Good Public Governance Di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. Akuntasi -F1315114 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Halim Dedy Perdana, S.E, Msm, M.Rech, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.