Penulis Utama : Pinahayu Sakanthi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213043
Tahun : 2017
Judul : Pembelajaran Batik Tulis Motif Kartun pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII A SMP Negeri 2 Jatipuro, Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Seni Rupa-K3213043-2017
Subyek : PROSES PEMBELAJARAN, SENI BUDAYA, BATIK TULIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Pinahayu Sakanthi, K3213043. PEMBELAJARAN BATIK TULIS MOTIF KARTUN  PADA  MATA  PELAJARAN  SENI  BUDAYA  KELAS  VIII  A SMP   NEGERI   2   JATIPURO,   KARANGANYAR   TAHUN   AJARAN
2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas
Maret Surakarta, 2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pembelajaran batik motif kartun (2) Penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran batik motif kartun (3) Bentuk karya seni batik motif kartun yang dihasilkan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Jatipuro.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan  adalah  informan  yaitu  Puji  Lestari  selaku  guru  seni  rupa  di  SMP Negeri 2 Jatipuro, siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Jatipuro, serta dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara, observasi, analisis arsip dan dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan analisis model mengalir yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran membatik sudah berjalan dengan baik, guru mengembangkan materi dengan menggunakan motif batik kartun. Selain melibatkan siswa secara langsung dalam proses  berkarya  tentang  batik  motif  kartun  dengan  teknik  batik  tulis  juga diberikan pengetahuan teori dalam proses pembelajarannya. (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran membatik antara lain yaitu waktu pembelajaran yang terbatas, tidak adanya ruang khusus untuk praktik membatik, terbatasnya peralatan membatik, kurangnya kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam hal pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan letak geografis SMP Negeri 2 Jatipuro yang terletak di desa dan jauh dari kota, sehingga menyebabkan sulitnya mencari bahan untuk membatik. Sedangkan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran membatik yaitu kemampuan guru mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif menggunakan motif batik kartun, dan motivasi siswa yang tinggi dalam melaksanakan tugas praktik membatik. (3) Hasil karya siswa dibuat dengan menggunakan bermacam- macam motif ragam hias dan motif kartun seperti doraemon, mickymouse, kupu- kupu, dan tokoh-tokoh kartun yang lain dengan komposisi yang berbeda-beda. Warna  yang  digunakan  adalah  pewarna  sintetis  rhemasol  yang  terdiri  dari beberapa jenis warna.
Kata kunci : proses pembelajaran, seni budaya, batik tulis

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
bab IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.Pd
2. Lili Hartono, S.Sn, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP