Penulis Utama : Roikhatus Shoimah Basri
NIM / NIP : F1315083
×

ABSTRAK

 


Konservatisme akuntansi diimplementasikan dalam keadaan jika terdapat suatu peningkatan aktiva yang belum terealisasi, maka kejadian tersebut belum bisa diakui, tetapi mengakui adanya penurunan aktiva walaupun kejadian tersebut belum terealisasi.Penelitian tentang konservatisme telah banyak dilakukan, namun hasilnya masih belum konsisten, yang menunjukkan bahwa penelitian terkait konservatisme ini masih harus dilakukan untuk mendukung penelitian sebelumnya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas serta leverage terhadap tingkat konservatisme akuntansi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat uji yang digunakan yaitu SPSS versi 20.Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan carapurpose sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunkan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan profitabilitas, leverage serta variabel kontrol size mempunyai hubungan negatif signifikan terhadap konservatisme akuntansi.

Kata  kunci:  kepemilikan  manajerial,  kepemilikan  institusional,  profitabilitas,
leverage, konservatisme akuntansi.

×
Penulis Utama : Roikhatus Shoimah Basri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315083
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas Serta Leverage Terhadap Tingkat Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. Akuntansi-F1315083-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gantyowati, M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.