Penulis Utama : Rosita Saraswati
NIM / NIP : C0510038
×

ABSTRAK


Rosita Saraswati. C.0510038. 2017. Peranan Transportasi Kereta Api Terhadap Perubahan  Sosial  Ekonomi  di  Kabupaten  Temanggung  Tahun  1907-1930. Skripsi: Prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran umum keadaan Kabupaten Temanggung sebelum masuknya transportasi kereta api, (2) latar belakang pembangunan jalur kereta api di Kabupaten Temanggung, (3) pengaruh transportasi  kereta  api  terhadap  kehidupan  masyarakat  di  Kabupaten Temanggung.

Sejalan  dengan  tujuan  penelitian,  maka  penelitian  ini  menggunakan metode  penelitian  sejarah  yang  meliputi  empat  tahap,  yaitu  heuristik,  kritik sumber baik intern maupun ekstern, interpretasi, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan studi pustaka. Data- data  yang  terkumpul  kemudian  diseleksi  dan  dikritik  sehingga  menghasilkan fakta-fakta sejarah. Fakta-fakta sejarah tersebut kemudian diinterpretasikan dan disusun berdasarkan kronologinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Temanggung merupakan daerah agraris dengan kopi dan tembakau sebagai tanaman unggulannya. Kopi dan tembakau ini biasanya dikirim ke Semarang untuk kemudian diekspor. Keterbatasan sarana dan jarak tempuh dalam pendistribusian komoditi ekspor dari Temanggung menuju Semarang, menyebabkan banyak kendala yang dirasa cukup merugikan. Dengan waktu yang lama dalam pendistribusian karena kondisi jalan yang  seadanya,  jelas  berpengaruh  pada  kualitas  hasil  tanaman  terutama  bila sampai  mengendap  di  gudang.  Untuk  mengatasi  masalah  yang  ada,  maka dilakukan pembuatan jalur kereta api karena dianggap sebagai transportasi yang bersifat massal dan bisa menempuh jarak jauh dalam waktu yang lebih singkat dibanding menggunakan transportasi tradisional yang sebelumnya dipakai.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan masuknya kereta api di Temanggung membawa peningkatan bagi berbagai aspek kehidupan. Kereta api tidak hanya berperan sebagai alternatif transportasi pengangkut hasil-hasil perkebunan  yang  ada  di  Temanggung,  seperti  tujuan  awal  pembangunannya, tetapi juga berpengaruh pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakatnya, serta mendorong  perkembangan  dan  pembangunan  kota  sehingga  menjadi  semakin lebih maju.

Kata Kunci : Kereta Api, Kopi, Tembakau, Sosial-ekonomi, Temanggung.

 

×
Penulis Utama : Rosita Saraswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0510038
Tahun : 2017
Judul : Peranan Transportasi Kereta Api Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Di Kabupaten Temanggung Tahun 1907-1930
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-Prog. Ilmu Sejarah-C. 0510038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Agus, M.Pd
2. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.