Penulis Utama : Andwi Prayudha Galang Ajisaka
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3211004
Tahun : 2017
Judul : Studi Pembelajaran Street Art Graffiti pada Komunitas Kentut Paus (Ktps) di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Pendidikan Seni Rupa-K3211004-2017
Subyek : PEMBELAJARAN, STREET ART GRAFFITI, KENTUT PAUS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan   penelitian   ini   adalah   untuk   (1)  Mengetahui   latar   belakang kehadiran Komunitas Kentut Paus dalam dunia street art graffiti di Surakarta. (2) Untuk mengetahui secara mendalam proses pembelajaran yang terjadi pada Komunitas   Kentut   Paus   di  Surakarta.  (3)   Untuk   mengidentifikasi bentuk visualisasi karya street art graffiti yang telah dikerjakan oleh Komunitas Kentut Paus.

Penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif ini dilaksanakan selama 3 bulan. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa, dokumentasi dan arsip, dengan menggunakan teknik tunggal terpancang. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan model analisis mengalir.

Sesuai dengan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) Kemunculan Komunitas Kentut Paus didasari oleh rasa cinta terhadap street art graffiti dan terus mengembangkan karya serta melakukan eksplorasi, sehingga  mendorong Komunitas Kentut Paus ingin menjangkau tingkatan yang lebih tinggi dimana street art graffiti bukan sekedar menjadi hobi melainkan menjadi gaya hidup atau life style. (2) Proses pembelajaran yang terjadi tergolong pendidikan informal. Tahapan pembelajaran diawali saat terdapat anggota komunitas mengajukan untuk dilakukan proses pembelajaran tentang materi tertentu,  sehingga  pembelajaran yang terjadi bersifat individu, dimana proses pembelajaran di Komunitas Kentut Paus tidak memiliki rancangan tertulis dan mengkombinasikan beberapa model dan metode pembelajaran, serta materi pembelajaran yang bergantung pada permintaan materi yang diajukan oleh anggota komunitas. Sistem evaluasi yang digunakan secara langsung dan tidak tertulis, tidak seperti pada lembaga pendidikan formal, namun tetap mengarah pada hasil visual akhir karya street art graffiti yang dikerjakan. (3) Komunitas Kentut Paus mampu menghadirkan karya- karya sesuai dengan prinsip desain dan mengembangkan unsur rupa, perpaduan besar kecilnya garis dan bidang mampu ditampilkan dengan komposisi yang menarik, serta warna dan ruang semu yang menyatu dan harmoni, karya-karya tersebut merupakan hasil yang dikerjakan oleh Galang Nusantara (Kenthur), Nahil (OZK), Delta Fahri (Luky), Galang S.P. (GTRN), dan Suhendro (Endrow). Eksplorasi  penggayaan  font  yang  diterapkan  mampu  mewakili  ekspresi  dari wujud  karya  yang  kebanyakan  bersifat  tegas  dengan menampilkan  point  of interest, selain itu karya yang dikerjakan telah mendapatkan apresiasi yang positif dari masyarakat ataupun apresian.

Kata kunci: pembelajaran, street art graffiti, Kentut Pau

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Subiyantoro, M. Si.
2. Nanang Yulianto, S. Pd., M. Ds.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP