Penulis Utama : Dhanis Hidrawati
NIM / NIP : K8413019
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kebiasaan mahasiswa dalam melakukan plagiarisme tugas kuliah di kalangan mahasiswa   Geografi, Sejarah, Ekonomi, PPKN FKIP UNS (2) strategi mahasiswa dalam menghindari plagiarisme tugas kuliah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. tujuan fenomenologi adalah memahami kebiasaan plagiarisme yang dilakukan mahasiswa. Sumber data dari penelitian ini yaitu (1) mahasiswa PPKN,georafi,ekonomi,dan sejarah sebagai informan (2) hasil tugas mahasiswa sebagai dokumen. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah,  (1) wawancara mendalam,  (2) dokumentasiTeknik  uji validitas  data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Terdapat  tiga komponen dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian   menunjukkan bahwa terdapat 4 kebiasaan yang digunakan mahasiswa dalam melakukan plagiarisme tugas kuliah. (1) Mahasiswa menggunakan laptop sebagai media untuk browsing di internet. Pada dasarnya laptop merupakan media yang sangat penting dalam membantu dalam menyelesaikan tugas. (2) Memasukkan  Keyword  di  Google.  Berdasarkan  penuturan  informan  memasukkan kata kunci pada google merupakan langkah yang mudah. (3) Cara yang digunakan mahasiswa yakni mencari referensi utama dari Blog. Alasan mahasiswa menggunakan blog  karena  materi  yang  dibutuhkan  tersedia.  (4)  Menggabungkan  materi  dari beberapa situs website.  Dari 4 kebiasaan  tersebut menghasilkan  proses  habituasi plagiarisme yang sering dilakukan oleh mahasiswa FKIP UNS. Plagiarisme tugas kuliah  merupakan  kebiasaan  yang  wajar  dilakukan  oleh  mahasiswa.  Terdapat  3
Strategi mahasiswa dalam menghindari plagiarisme tugas kuliah di antaranya membaca dan mengutip materi dari buku maupun jurnal yang relevan dan sesuai dengan materi kuliah serta melakukan diskusi rutin dengan teman.
Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa kebiasaan mahasiswa dalam melakukan plagiarisme merupakan bentuk habituasi yang terpola di kalangan mahasiswa. Habitus juga bersifat lentur dapat berubah sesuai lingkungan. Hal ini sesuai dengan strategi yang digunakan mahasiswa dalam menghindari plagiarisme tugas kuliah.

 

×
Penulis Utama : Dhanis Hidrawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413019
Tahun : 2017
Judul : Habituasi Plagiarisme Tugas Kuliah Di Kalangan Mahasiswa P IPS FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8413019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atik Catur Budiati S.Sos, MA
2. Dr. Zaini Rohmad M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.