Penulis Utama : Gadis Andhita Sari H0813071
NIM / NIP : H0813071
×

RINGKASAN
Gadis Andhita Sari. H0813071. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kusuma Agrowisata dalam Membentuk Minat Berkunjung Ulang”. Dibimbing oleh Dr. Ir. Kusnandar, M.Si dan Nuning Setyowati, S.P, M.Sc. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Indonesia sebagai negara agraris memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Rangkaian kegiatan pertanian dari budidaya sampai pasca panen dapat dijadikan daya tarik tersendiri bagi kegiatan pariwisata, dengan menggabungkan kegiatan agronomi dengan pariwisata banyak perkebunan-perkebunan besar di Indonesia dikembangkan menjadi objek agrowisata. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi agrowisata adalah Kota Batu. Pusat agrowisata di Kota Batu adalah Kusuma Agrowisata dengan berbagai fasilitas paket wisata. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa, kualitas pelayanan (service quality) menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh Kusuma Agrowisata untuk dapat bersaing dengan objek wisata lain. Kualitas pelayanan yang baik akan dapat menciptakan kepuasan pada diri konsumen. Konsumen yang merasa puas tersebut akan berpotensi untuk menggunakan kembali jasa dari Kusuma Agrowisata.
Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu Kusuma Agrowisata, Kota Batu yang merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengujian instrumen pada penelitian ini dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah model Structural Equation Model (SEM) yang dijalankan menggunakan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan berupa bukti fisik, kehandalan dan empati berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen Kusuma Agrowisata, sedangkan dimensi lain yaitu daya tanggap dan jaminan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Kusuma Agrowisata. Berdasarkan hal tersebut maka dapat diketahui bahwa dimensi daya tanggap dan jaminan belum menjadi prioritas konsumen dalam menilai kualitas pelayanan pada suatu perusahaan. Kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat berkunjung ulang di Kusuma Agrowisata. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan yang diberikan Kusuma Agrowisata akan dapat meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap Kusuma Agrowisata yang membuat konsumen berpotensi untuk dapat melakukan kunjungan ulang ke Kusuma Agrowisata.

 

×
Penulis Utama : Gadis Andhita Sari H0813071
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813071
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kusuma Agrowisata Dalam Membentuk Minat Berkunjung Ulang
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian-Prog. Agribisnis- H0813071 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.