Penulis Utama : Titis Diyah Purwita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116082
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kecerdasan Emosi pada Siswa Kelas XI SMA N 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi DIV Bidan- R1116082-2017
Subyek : KEHARMONISAN KELUARGA, KECERDASAN EMOSI, SISWA SMA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang: Aspek vital pada kehidupan remaja adalah kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi berperan sebesar 85% terhadap kesuksesan seseorang. Sangat berbahaya   bagi   kehidupan   remaja   apabila   mereka   memiliki   masalah   terkait kecerdasan   emosi   karena   akan   mempengaruhi   cara   penyesuaian   pribadi   dan sosialnya. Permasalahan remaja di Indonesia sangat beragam, baik yang dilakukan karena keteledoran, kesengajaan, maupun ketidakmampuan mengontrol emosi diri yang mengakibatkan mereka melakukan tindakan yang merugikan dirinya maupun orang lain. Hal inilah yang menjadikan kecerdasan emosi penting untuk diteliti. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosi adalah lingkungan keluarga karena keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang meletakkan dasar-dasar kepribadian remaja. Pengertian dan dukungan orang tua sangat bermanfaat bagi perkembangan remaja terutama aspek psikologis yang membentuk kecerdasan emosinya.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosi remaja pada siswa kelas XI SMA N 2 Surakarta.

Metode:   Penelitian   ini   merupakan   penelitian   analitik   observasional   dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini 199 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, lalu dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson.

Hasil: Kecerdasan emosi pada 11 responden (5,53%) tergolong tinggi, 151 responden (75,88%) tergolong sedang, dan 37 responden (18,59%) tergolong rendah. Keharmonisan keluarga pada 151 responden (75,88%) tergolong tinggi, dan 48 responden (24,12%) tergolong sedang. Hasil uji bivariat didapatkan nilai p sebesar
0.000 dan koefisien korelasi sebesar 0.631 yang menandakan bahwa ada korelasi signifikan yang kuat dan bernilai positif antara keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosi remaja pada siswa kelas XI SMA N 2 Surakarta.

Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan  yang kuat dan bernilai positif antara keharmonisan keluarga dengan kecerdasan emosi remaja pada siswa kelas XI SMA N
2 Surakarta.

Kata Kunci : Keharmonisan Keluarga, Kecerdasan Emosi, Siswa SMA

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBARAN PUBLIKASI.pdf
HALAMAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rin Widya A, S.Psi., M.Psi.,
2. Ika Sumiyarsi Sukamto, S.SiT., M.Kes.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran