Penulis Utama : Safella Lutfatul Jannah
NIM / NIP : R1116077
×

ABSTRAK


Latar Belakang: Di Indonesia pada tahun 2016 Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) mencapai 86,6% dan perlu peningkatan hingga mencapai target 95% di tahun 2019. Di Surakarta cakupan imunisasi dasar lengkap sebesar 94.34%. Cakupan imunisasi dasar paling rendah di Surakarta terdapat di puskesmas Nusukan sebesar 81,95%. Tingkat Pengetahuan dimungkinkan menjadi salah satu faktor penyebab dari kelengkapan imunisasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dengan kelengkapan imunisasi dasar pada bayi usia 1 tahun di puskesmas nusukan surakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan total sampling. Besar sampel adalah 39 ibu dengan bayi usia 1 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan ibu tentang imunisasi dan kartu imunisasi. Teknik analisis data menggunakan uji Lambda.

Hasil Penelitian: sebanyak 54% responden memiliki tingkat pengetahuan dengan kategori baik, sedangkan sebanyak 79% responden mengimunisasikan anaknya secara lengkap. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil p=0,012 (p<0 r=0,875>

Simpulan Penelitian: Terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dengan kelengkapan imunisasi dasae pada bayi usia 1 tahun di puskesmas nusukan surakarta.

Kata Kunci        : Pengetahuan, Ibu, Imunisasi Dasar Lengkap, Bayi.

 

×
Penulis Utama : Safella Lutfatul Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116077
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Bayi Usia 1 Tahun di Puskesmas Nusukan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi DIV Bidan - R1116077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Annang Giri Moelyo, dr, Sp A, M.Kes
2. Erindra Budi C S.Kep, Ns, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.