Penulis Utama : Inica Atiqa Salma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116039
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Konsumsi Kafein dengan Keteraturan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Prodi D.III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi DIV Bidan - R1116039-2017
Subyek : KONSUMSI KAFEIN, SIKLUS MENSTRUASI, MAHASISWA.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang: Gangguan keteraturan siklus menstruasi merupakan gangguan menstruasi yang dialami oleh 13,7% wanita Indonesia. Salah satu faktor yang memengaruhi terjadinya siklus menstruasi adalah faktor kebiasaan yaitu konsumsi kafein. Konsumsi kafein yang berlebih dapat menimbulkan gejala gangguan keteraturan siklus menstruasi. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan konsumsi kafein dengan keteraturan siklus menstruasi pada Mahasiswi Prodi D.III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar Sampel adalah 136 mahasiswi yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan Food Frequency Quetionnaire (FFQ) untuk mengetahui intensitas konsumsi kafein harian dan kuesioner siklus menstruasi.  Teknik  analisis  data menggunakan  uji korelasi  Somer’s  d  dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil: Data yang didapat adalah 11% konsumsi kafein <200mg p=0,013)  r=0,284). >

Simpulan: Ada hubungan yang bermakna dengan korelasi lemah antara konsumsi kafein   dengan   keteraturan   siklus   menstruasi   pada   Mahasiswi   Prodi   D.III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Kata Kunci    : Konsumsi Kafein, Siklus Menstruasi, Mahasiswa.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBARAN PUBLIKASI_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB 1.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Kusumawati,dr., M.Biomed.
2. Yuliana Heri Suselo,dr., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran