Penulis Utama : Inica Atiqa Salma
NIM / NIP : R1116039
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Gangguan keteraturan siklus menstruasi merupakan gangguan menstruasi yang dialami oleh 13,7% wanita Indonesia. Salah satu faktor yang memengaruhi terjadinya siklus menstruasi adalah faktor kebiasaan yaitu konsumsi kafein. Konsumsi kafein yang berlebih dapat menimbulkan gejala gangguan keteraturan siklus menstruasi. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan konsumsi kafein dengan keteraturan siklus menstruasi pada Mahasiswi Prodi D.III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar Sampel adalah 136 mahasiswi yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan Food Frequency Quetionnaire (FFQ) untuk mengetahui intensitas konsumsi kafein harian dan kuesioner siklus menstruasi.  Teknik  analisis  data menggunakan  uji korelasi  Somer’s  d  dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil: Data yang didapat adalah 11% konsumsi kafein <200mg p=0,013)  r=0,284). >

Simpulan: Ada hubungan yang bermakna dengan korelasi lemah antara konsumsi kafein   dengan   keteraturan   siklus   menstruasi   pada   Mahasiswi   Prodi   D.III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Kata Kunci    : Konsumsi Kafein, Siklus Menstruasi, Mahasiswa.

 

×
Penulis Utama : Inica Atiqa Salma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116039
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Konsumsi Kafein dengan Keteraturan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Prodi D.III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi DIV Bidan - R1116039-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Kusumawati,dr., M.Biomed.
2. Yuliana Heri Suselo,dr., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.