Penulis Utama : Ibrahim Nasrul Fourida
NIM / NIP : S571108012
×

ABSTRAK

Latar  Belakang: Selama tinggal di asrama Komando Pasukan Khusus (Kopassus), terdapat beban tambahan yang harus ditanggung oleh istri prajurit yaitu beban psikis dan sosial.

Tujuan: (1) Mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap cemas dan depresi pada istri tentara di asrama Kopassus (2) Mengetahui besar proporsi masing-masing faktor yang berpengaruh terhadap cemas dan depresi  pada istri tentara di asrama Kopassus, (3) Menghasilkan modul sebagai pedoman untuk melakukan intervensi terapi realitas istri tentara di asrama Kopassus, dan (4) Menilai tingkat keberhasilan terapi realitas dalam menangani cemas dan depresi  istri tentara diasrama Kopassus.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain mixed-methode. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 istri tentara yang tinggal di asrama Kopassus dan mengalami cemas dan depresi berdasarkan wawancara dan penilaian alat skrining BDI dan T-MAS. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode perbandingan tetap (constant comparative method).

Hasil: (1) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap munculnya gangguan psikiatri istri tentara di asrama Kopassus adalah faktor risiko, faktor psikologis, faktor aktivitas dan kegiatan serta faktor status sosial dan ekonomi. (2) Pada faktor risiko diketahui bahwa 83,3% merasa kurang nyaman dengan aturan di asrama, pada faktor psikologis 97,3% merasa gelisah selama suami pendidikan lanjutan kemiliteran, faktor aktivitas dan kegiatan diketahui bahwa 61% malas untuk melakukan sesuatu dan pada faktor status sosial dan ekonomi 76?rsikap terpaksa menghormati istri yang pangkatnya lebih tinggi. (3) Modul terapi realitas ini sudah valid berdasarkan face validity dan content validity, sehingga layak digunakan sebagai pedoman untuk intervensi dalam mengatasi kecemasan dan depresi pada istri tentara di Asrama Kopasssus. (4) Terapi realitas sebanyak 6 sesi yang dilakukan selama 1,5 jama setiap minggu berhasil menangani kecemasan dan depresi istri tentara diasrama Kopassus sehingga subjek mencapai tingkat 2 dari perbaikan skala klinis yaitu perbaikan gejala (sympomatic relieif).

Simpulan: Modul terapi realitas layak digunakan sebagai pedoman untuk intervensi dalam mengatasi kecemasan dan depresi pada istri tentara di Asrama Kopasssus. Terapi realitas berhasil mengatasi kecemasan dan depresi istri tentara diasrama Kopassus

Kata kunci: terapi realitas, cemas, depresi.

 

×
Penulis Utama : Ibrahim Nasrul Fourida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571108012
Tahun : 2017
Judul : Terapi Realitas Untuk Mengatasi Cemas dan Depresi Istri Tentara di Asrama Komando Pasukan Khusus Sebuah Studi Mixed Method
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa - S571108012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Aris Sudiyanto, dr., SpKJ ( K )
2. Dr. Gst. Ayu Maharatih, dr., SpKJ (K), M.Kes
3. Djoko Suwito, dr., SpKJ
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.