Penulis Utama : Arrina Esthesia Karim
NIM / NIP : G0014045
×

ABSTRAK

Latar belakang: Prevalensi status gizi lebih pada anak usia sekolah terjadi di 10 kota besar di Indonesia, kota Surakarta adalah salah satunya. Gizi lebih pada anak dan remaja dapat beresiko menjadi obesitas pada saat dewasa, meningkatkan insidensi DM tipe 2 dan penyakit kardiovaskular seperti hipertensi. Rentang usia 12-14 tahun termasuk dalam periode Adiposity Rebound (AR), yang merupakan suatu periode kritis peningkatan IMT. Hipertensi menjadi salah satu penyebab kematian terbesar dan merupakan penyakit dengan prevalensi tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tekanan darah pada anak tingkat Sekolah Menengah Pertama karena berada pada rentang usia 12-14 tahun dan dilakukan sebagai langkah skrining pengukuran tekanan darah pada anak sesuai anjuran AAP dan NQF.

Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Azhar 21 Sukoharjo, pada bulan Juli 2017. Besar sampel berjumlah
170 peserta didik di tahun ajaran 2017/2018, yang dipilih melalui purposive sampling. Data diperoleh dari pengukuran tinggi badan, berat badan dan tekanan darah. Status gizi sebagai variabel bebas ditentukan dari Indeks Massa Tubuh menurut usia berdasarkan WHO 2007. Tekanan darah sebagai variabel terikat diperoleh dari tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, usia dan persentil tinggi badan menurut usia, berdasarkan National Heart, Lung and Blood Institute 2005. Data yang didapat diuji menggunakan analisis Chi-Square (X2) dan Koefisien Kontingensi (C) (a = 0.05).

Hasil penelitian: Uji analisis Chi-Square menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0.000 dan nilai Koefisien Kontingensi yang didapat adalah 0.375 (p = 0.000, C = 0.375).

Simpulan penelitian: Hasil yang didapat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi dan tekanan darah pada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Azhar 21 Sukoharjo yang sangat bermakna secara statistik, tetapi keeratan hubungan antara dua variabel tergolong lemah.

Kata kunci: status gizi, tekanan darah, siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama

 

×
Penulis Utama : Arrina Esthesia Karim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014045
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Status Gizi dengan Tekanan Darah pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Al Azhar 21 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran- G0014045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hari Wahyu Nugroho, dr., Sp.A (K), M.Kes
2. Fadhilah Tia Nur, dr., Sp.A (K), M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.