Penulis Utama : Arina Aulia Ul-haq
NIM / NIP : G0014043
×


ABSTRAK

Latar belakang: Anak usia sekolah menengah pertama (SMP) merupakan usia remaja dimana terjadi masa transisi dan penyesuaian dari anak menjadi dewasa. Perubahan  yang terjadi pada usia remaja akibat pubertas akan mempengaruhi psikologis anak dan akhirnya dapat menggangu kemampuan konsentrasi, adaptasi, dan belajar. Proses perubahan yang mencolok pada remaja putri adalah terjadinya menstruasi. Menurut studi, perempuan mengalami ketidakseimbangan kognitif selama siklus menstruasi terjadi, sehingga banyak dilakukan penelitian mengenai kaitan siklus menstruasi dengan fungsi kognitif pada wanita, salah satunya adalah kemampuan konsentrasi. Penelitian ini ingin mengkonfirmasi kembali penelitian- penelitian  sebelumnya,  mengenai  hubungan  siklus  menstruasi  terhadap konsentrasi yang akan dilakukan terhadap remaja putri.

Metode penelitian: Penelitian ini  merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di SMP Negeri 4 Surakarta, pada bulan September 2017. Besar sampel berjumlah 40 pelajar putri kelas IX SMP Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang dipilih melalui purposive sampling. Data diperoleh dari pengisian angket data penelitian mengenai siklus menstruasi dan digit span test untuk mengetahui nilai konsentrasi subjek pada saat menstruasi dan saat rentang ovulasi. Data diuji menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan analisis uji t berpasangan (a = 0,05).

Hasil penelitian: Uji normalitas Saphiro-Wilk menunjukkan selisih rerata 2 kelompok, subjek saat rentang ovulasi dan subjek saat menstruasi, terdistribusi normal dengan nilai Sig. sebesar 0,053 (p = 0,053). Analisis uji t berpasangan menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,001 dan Interval Kepercayaan sebesar -2,13 – -
1,22 (p = 0,001, IK = -2,13 – -1,22).

Simpulan penelitian: Hasil yang didapat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara siklus menstruasi dan konsentrasi berpikir yang bermakna secara statistik dengan nilai konsentrasi subjek saat rentang ovulasi lebih tinggi daripada saat menstruasi.

Kata kunci: siklus menstruasi, konsentrasi berpikir, anak usia sekolah menengah pertama.

 

×
Penulis Utama : Arina Aulia Ul-haq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014043
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Siklus Menstruasi dengan Konsentrasi Berpikir pada Anak Usia Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran- G0014043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hari Wahyu Nugroho, dr., Sp.A (K), M.Kes,
2. Husnia Auliyatul U dr., Sp.A, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.