Penulis Utama : Aprilia Rifresiani
NIM / NIP : G0111004
×

ABSTRAK
Intensi turnover merupakan keinginan secara sadar seorang anggota untuk keluar dari organisasinya. Salah satu penyebab munculnya intensi turnover adalah ketidakpuasan terhadap organisasi yang dipengaruhi oleh kohesivitas kelompok dan sense of belonging. Kohesivitas kelompok dan sense of belonging dalam resimen mahasiswa lebih dikenal dengan istilah jiwa korsa dan loyalitas. Meskipun dua hal tersebut merupakan aspek penting dalam kehidupan berorganisasi di resimen mahasiswa, belum seluruh anggota dapat menerapkannya secara penuh dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat memunculkan intensi turnover pada anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensi turnover dengan kohesivitas kelompok dan sense of belonging, hubungan intensi turnover dengan kohesivitas kelompok dan hubungan antara intensi turnover dengan sense of belonging pada anggota aktif resimen mahasiswa.
Sampel penelitian berjumlah 82 responden yang meliputi empat universitas yang dipilih secara acak dengan menggunakan cluster random sampling dari tujuh universitas yang ada di lingkup Skomen Mahadipa Sub-B Surakarta. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala intensi turnover, skala kohesivitas kelompok dan skala sense of belonging.
Analasis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara kohesivitas kelompok dan sense of belonging dengan intensi turnover, Fhitung > Ftabel (56.041 > 3,112), nilai signifikansi 0,000 < 0 xss=removed xss=removed xss=removed> 0,05), begitu pula hubungan antara sense of belonging dengan intensi turnover         (rxy= -0,347 > 0,05).

Kata kunci: intensi turnover, kohesivitas kelompok, sense of belonging, resimen mahasiswa.

 

×
Penulis Utama : Aprilia Rifresiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0111004
Tahun : 2017
Judul : Intensi Turnover Ditinjau dari Kohesivitas Kelompok dan Sense Of Belonging pada Anggota Aktif di Resimen Mahasiswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Psikologi - G0111004 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bagus Wicaksono, M.Si., Psikolog
2. Pratista Arya Satwika, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.