Penulis Utama : Ila Mursalina Subekti
NIM / NIP : K6413035
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis internet melalui pemanfaatan smartphone dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri
1 Kartasura, (2) mendeskripsikan dampak   dari penerapan media pembelajaran berbasis internet melalui pemanfaatan smartphone dalam proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 1 Kartasura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari narasumber (informan),   tempat   dan   peristiwa,   dokumen.   Teknik   pengambilan   subjek penelitian adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menyusun data penelitian adalah melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan teknik uji validitas data melalui trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut (1) Reduksi data, (2) Sajian data, (3) Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun prosesur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Persiapan, (2) Pengumpulan Data, (3) Analisis Data, (4) Penyusunan Laporan Penelitian.
Berdasarkan   hasil   penelitian   dapat   ditarik   kesimpulan   bahwa:   1) Penerapan media pembelajaran berbasis internet melalui pemanfaatan smartphone dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 1 Kartasura merupakan bentuk inovasi yang diciptakan guru PPKn dan telah sesuai dengan prinsip dan pertimbangan memilih media pembelajaran yang tepat, yang dikenal dengan istilah ACTION (Access, Cost, Technology, Interactivity, Organization, Novelety,  namun belum optimal dalam hal akses dan tekologi. 2) Penerapan media pembelajaran berbasis internet melalui pemanfaatan smartphone berdampak positif terhadap kemampuan pemahaman peserta didik dengan indikator peserta didik memiliki pengetahuan lebih luas, dapat memiliki sikap kritis yang ditunjukan dengan lebih memiliki keberanian dalam mengemukakan  pendapat  di  depan  kelas.  Berdampak  negatif  peserta  didik menjadi ketergantungan, intens berinteraksi dengan smartphone dan harus melihat berita atau iklan yang tidak pantas saat mengakses internet.

Kata Kunci: Media pembelajaran berbasis internet, Dampak,  Smartphone,

 

×
Penulis Utama : Ila Mursalina Subekti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413035
Tahun : 2017
Judul : Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Internet Melalui Pemanfaatan Smartphone dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 1 Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan -K6413035-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rusnaini, M.Si,
2. Dr. Muh Muchtarom, S.Ag., M.S.I,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.