Penulis Utama : Husni Dwi Syafutri
NIM / NIP : S841508013
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) kategori   takhayul   di   sekitar   lingkaran   hidup   manusia   dalam   ungkapan kepercayaan rakyat  Minangkabau;  2) implikatur  dalam  ungkapan  kepercayaan rakyat Minangkabau; 3) relevansi implikatur ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau dengan perkuliahan pragmatik di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis dokumen dan data hasil wawancara berupa ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau yang terdapat di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kabupaten Solok Selatan.
Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  kualitatif  deskriptif  dengan strategi pendekatan Sosiopragmatik. Data penelitian ini berupa hasil wawancara tentang ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau yang terdapat di Negeri Pauh Duo  Nan  Batigo  Kabupaten  Solok  Selatan.  Teknik  dalam  pengumpulan  data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara yang dilakukan dengan metode simak  dan  catat,  teknik  dokumentasi,  dan  teknik  analisis  dokumen.  Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teori, triangulasi sumber, dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kategori takhayul di sekitar lingkaran hidup manusia dalam ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau didominasi oleh kategori lahir, masa bayi, dan masa kanak-kanak (K1) serta kategori mata pencaharian dan hubungan sosial (K4) yang masing-masing didapatkan data sebanyak dua puluh empat (24) ungkapan, 2) Ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau memiliki implikatur yang lebih banyak dibandingkan dengan ungkapan aslinya yang bertujuan agar generasi muda mendengarkan kata-kata orang tua dan tidak melakukan sesuatu yang dapat merugikan dirinya sendiri atau orang lain, dan 3) ungkapan kepercayaan rakyat Minangkabau memiliki relevansi dengan perkuliahan Pragmatik, karena ungkapan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan ajar dan materi dalam perkuliahan.

Kata kunci: Minangkabau, folklor, implikatur, perkuliahan Pragmatik

 

×
Penulis Utama : Husni Dwi Syafutri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508013
Tahun : 2017
Judul : Implikatur pada Ungkapan Kepercayaan Rakyat Minangkabau Serta Relevansinya Dengan Perkuliahan Pragmatik di Perguruan Tinggi (Kajian Sosiopragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia - S841508013-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.