Penulis Utama : Hazis Muin
NIM / NIP : K2513027
×

ABSTRAK
Matahari dan angin adalah sumber energi potensial yang belum banyak dimanfaatkan. Energi kinetik dari angin dan energi panas matahari dapat dikonversi menjadi sumber energi listrik. Kedua sumber energi tersebut selain tidak polutif juga tersedia dalam jumlah tak terbatas.
Penelitian eksperimen ini mempelajari pengaruh sudut kemiringan panel surya untuk mengetahui sudut yang paling optimal dan kelayakan antara panel surya dengan turbin angin di wilayah Kampus V UNS.  Variasi sudut yang digunakan dalam penelitian ini adalah sudut 18o; 24o; 30o; dan 36o.  Pengukuran dilakukan dengan mengukur arus listrik dan tegangan listrik yang dihasilkan pada panel surya serta mengukur kecepatan angin sebagai pembanding untuk mengetahui daya listrik yang dihasilkan pada turbin angin. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kampus V UNS Pabelan selama 30 hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudut kemiringan pada panel surya berpengaruh terhadap daya yang dihasilkan. Daya tertinggi yang dihasilkan  adalah 41,1 Watt pada intensitas cahaya matahari sebesar 120000 lux pada sudut kemiringan panel surya 24o sedangkan pada sudut kemiringan panel surya 18o, 30o dan, 36o berturut-turut adalah 37,4; 39,7; dan 38,6 Watt. Penelitian ini menyatakan bahwa panel surya menghasilkan daya listrik yang lebih efektif dan optimal dibandingkan turbin angin. Rata-rata daya listrik tertinggi selama 30 hari yang dihasilkan panel surya sebesar 40,19 Watt pada pukul 11.20 WIB sedangkan turbin angin menghasilkan daya listrik tertinggi sebesar 7,88 Watt pada pukul 15.40 WIB.

Kata Kunci : Daya listrik, panel surya, turbin angin.

 

×
Penulis Utama : Hazis Muin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513027
Tahun : 2017
Judul : Studi Perbandingan Penggunaan Panel Surya dengan Turbin Angin sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif di Kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Teknik Mesin - K2513027-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, ST., M.Eng.
2. Dr. Indah Widiastuti, ST., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.