Penulis Utama : Hanik Camelia Ayu Putri Pertiwi Robin
NIM / NIP : K6413032
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ketepatan prinsip konsistensi pada materi Demokrasi di dalam Diktat Pendidikan Kewarganegaraan kelas X Tunarungu. (2) Untuk mengetahui ketepatan prinsip kecukupan pada materi Demokrasi di dalam Diktat Pendidikan Kewarganegaraan kelas X Tunarungu.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tunggal terpancang.Tehnik pengumpulan data melalui wawancara, analisis dokumen dan observasi. Untuk menerapkan validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi teori. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Analisis Isi (content analysis)
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Diktat Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas X Tunarungu karangan Dra.Wahyu Trimei Pujilestari belum memenuhi indikator prinsip konsistensi dan indikator yang telah ditentukan pada silabus. Hal ini dibuktikan dengan masih terdapat indikator prinsip konsistensi yang belum terpenuhi diantaranya: a. Keseimbangan Materi b. Keluasan Materi c. Penyajian Materi (2) Materi Demokrasi pada Diktat Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas X tunarungu  belum memenuhi prinsip kecukupan yaitu prinsip dimana materi yang harus diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Hal ini dibuktikan dengan masih terdapat indikator prinsip kecukupan yang belum terpenuhi diantaranya: a. Cakupan materi c. Keterkaitan dengan Pancasila d.Ketepatan Fakta. Materi yang terdapat pada silabus belum sepenuhnya terdapat pada Diktat Pendidikan Kewaraganegaraan kelas X tunarungu, perlu adanya pengurangan ataupun penambahan materi pada Diktat Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X Tunarungu.

Kata Kunci : Konsistensi, Kecukupan, Bahan Ajar, Diktat

 

×
Penulis Utama : Hanik Camelia Ayu Putri Pertiwi Robin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413032
Tahun : 2017
Judul : Studi Analisis Konsistensi dan Kecukupan Bahan Ajar Materi Demokrasi pada Diktat Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Surakartatahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6413032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hassan Suryono, S.H., M.H., M.Pd.,
2. Wijianto, S.Pd, M.Sc.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.