Penulis Utama : Alexander Indra Humala
NIM / NIP : S581108002
×

ABSTRAK

Preeklampsia adalah salah satu penyakit pada kehamilan yang merupakan penyebab utama kematian ibu dan bayi, dengan angka kejadian 3% di seluruh dunia. Salah satu teori terjadinya preeklampsia adalah kegagalan implantasi yang disebabkan maladaptasi imun maternal yaitu Natural Killer (NK) sel desidua. NK sel desidua juga akan menghasilkan faktor proangiogenik Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) yang berperan penting pada proses implantasi. Pada beberapa penelitian didapatkan bahwa pada preeklampsia ekspresi NK sel desidua akan meningkat dan ekspresi VEGF akan menurun. Pemberian VEGF eksternal yaitu VEGF121 rekombinan diharapkan akan memberikan perbaikan  terhadap kadar VEGF dan kadar NK sel desidua.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental analitik dengan rancang bangun Randomized Control Trial (RCT) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian VEGF eksternal yaitu VEGF121 rekombinan terhadap ekspresi NK sel desidua pada preeklampsia. Sampel penelitian adalah desidua dari 30 ekor mencit dewasa bunting yang dibagi menjadi 3 kelompok (n=10), yaitu kelompok mencit bunting normal, kelompok mencit bunting model preeklampsia tanpa pemberian VEGF121 rekombinan dan kelompok mencit bunting model preeklampsia dengan pemberian VEGF121 rekombinan. Pemberian VEGF121 rekombinan secara intravena 125 mg/kgBB/hari dilakukan pada hari ke-12 sampai -15 usia kehamilan mencit, dilanjutkan terminasi dan pengambilan sampel pada hari ke-16. Pemeriksaan NK sel desidua dilakukan dengan mikroskop cahaya, dengan menghitung jumlah ekspresi penanda permukaan NK sel desidua CD56 imunopositif. Analisis data menggunakan uji Kruskal Wallis dan Mann Whitney dengan SPSS (Software Package for social Science).
Dari hasil penelitian didapatkan penurunan jumlah CD56 yang bermakna pada kelompok mencit bunting model preeklampsia dengan pemberian VEGF121 rekombinan dibanding kelompok mencit bunting model preeklampsia tanpa pemberian VEGF121 rekombinan (p=0,023;<0>Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian VEGF121 rekombinan yaitu penurunan ekspresi  NK sel desidua pada mencit (Mus musculus) model preeklampsia.

Kata Kunci:  Preeklampsia, NK sel desidua, VEGF121 rekombinan, mencit

 

×
Penulis Utama : Alexander Indra Humala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581108002
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Pemberian Vascular Endothelial Growth Factor 121 Rekombinan Terhadap Ekspresi Sel Natural Killer Desidua pada Mencit (Mus Musculus) Model Preeklampsia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Ilmu Kedokteran Keluarga-S581108002-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Sulistyowati, dr.SpOG (K)
2. Dr. Supriyadi Hari Respati, dr.SpOG (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.