Penulis Utama : Hana Widawati
NIM / NIP : S881502007
×

ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengelolaan Geopark Gunung Sewu oleh pemerintah daerah sebagai bentuk pengembangan geowisata di Kabupaten Pacitan;  (2)  Persepsi  masyarakat  tentang  Geopark  Gunung  Sewu;  (3) Perilaku masyarakat dalam upaya konservasi geopark; (4) Hubungan persepsi dan perilaku masyarakat dalam upaya konservasi pada Geopark Gunung Sewu.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan metode pelaksanaannya, penelitian ini termasuk dalam penelitian survei. Sampel lokasi dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sasaran penelitian ini akan diambil di tiga situs berbeda, yaitu Teluk Pacitan, Telaga Guyang Warak, dan Gua Tabuhan. Sampel responden diambil menggunakan teknik Incidental Sampling dengan responden berjumlah 100 KK. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dokumen, tabulasi tunggal, korelasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Struktur organisasi pengelolaan Geopark Gunung Sewu di Kabupaten Pacitan sudah berfokus pada upaya konservasi dengan membentuk Komite Konservasi guna penanganan permasalahan yang berhubungan dengan perlindungan lingkungan fisik, namun untuk Komite Pemberdayaan Masyarakat masih belum ada pada struktur organisasinya sehingga memang fokus masyarakat pada pengembangan geopark masih kurang; (2) Persepsi masyarakat belum sepenuhnya paham dan mengerti dengan baik mengenai Geopark Gunung Sewu sebagai kawasan yang dilindungi. Persepsi ini diukur melalui kognitif, afektif, dan konatif, serta dipengaruhi oleh beberapa hal yakni karakter masyarakat, pendidikan, pekerjaan, aksesibilitas, dan kondisi fisik lingkungan yang ditinggali. (3) Masyarakat pada situs teluk, gua, dan telaga sudah melakukan tindakan-tindakan yang bernilai konservasi, seperti pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Geopark Gunung Sewu. (4) Hubungan persepsi masyarakat terhadap geopark dengan upaya konservasi masyarakat tidak selalu berpengaruh terhadap tindakan yang masyarakat lakukan dengan pearson correlation sebesar 0,482.


Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Perilaku Masyarakat, Geopark Gunung Sewu

 

×
Penulis Utama : Hana Widawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881502007
Tahun : 2017
Judul : Persepsi dan Perilaku Masyarakat dalam upaya Konservasi pada Geopark Gunung Sewu sebagai Aset Geowisata di Kabupaten Pacitan (Aplikasi pada Pembelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumberdaya Alam)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup - S881502007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh Gamal Rindarjono, M.Si,
2. Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.