Penulis Utama : Erva Susminingrum
NIM / NIP : S881502005
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui manajemen masyarakat Ngranget dalam mengelola mata air Banyu Dal  berbasis masyarakat untuk irigasi dan domestik, (2) Mengetahui peran masyarakat Ngranget dalam mengelola mata air Banyu Dal  untuk domestik dan irigasi, (3) Untuk menyusun pendukung substansi materi pengelolan SDA pada bidang studi pendidikan Geografi kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan keruangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Masyarakat Ngranget dalam melakukan pengelolaan mata air Banyu Dal untuk domestik dan irigasi telah melakukan serangkaian kegiatan yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalin, dari keempat aktivitas tersebut berjalan dengan baik dan partisipasif. Adapun pada aspek Comunity Based Natural Resource Management menunjukkan keberhasilan pada lima aspek, yaitu Equity (keadilan), empowerment (pemberdayaan), conflict resolution (resolusi konflik), knowledge and awareness (pengetahuan dan kesadaran), dan biodiversity protection (perlindungan keanekaragaman hayati). (2) Masyarakat Ngranget melakukan tindakan konservasi dengan melakukan penyimpanan air pada kolam-kolam di sekitar rumah untuk persediaan air di musim kemarau. Selain itu Masyarakat Ngranget juga melakukan konservasi vegetatif dalam menjaga ketersediaan mata air Banyu Dal yaitu dengan reboisasi dan  pembibitan secara mandiri. 3) Pendukungan substansi materi diperlukan agar pengelolaan mata air Banyu Dal memberikan dampak yang positif, inisiasi materi muatan lokal diperlukan untuk mendekatkan peserta didik dengan lingkungannya dan mengetahui potensi sumber daya alam disekitarnya.

Kata kunci:  Pengelolaan, mata air Banyu Dal, CBNRM, domestik dan irigasi

 

×
Penulis Utama : Erva Susminingrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881502005
Tahun : 2017
Judul : Pengelolaan Mata Air Banyu Dal Berbasis Masyarakat untuk Domestik dan Irigasi di Desa Ngranget Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun (Sebagai Sumber Belajar Geografi XI SMA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup-S881502005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si, M.Si, Ph.D.
2. Dr. Mohammad Gamal Rindarjono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.