Penulis Utama : Wian Mahasti
NIM / NIP : H0713192
×

ABSTRAK

Tribulus terrestris merupakan tanaman obat yang berasal dari daerah Mediterania, Eropa, Australia utara dan sebagian Asia yang beriklim subtropis. Berbagai manfaat yang terkandung dalam Tribulus membuka peluang untuk dikembangkan di Indonesia. Kenyataanya di Indonesia masih sedikit sekali petani yang mengembangkan Tribulus sebagai komoditas utama dalam bercocok tanam. Pemberian pupuk organik kascing dan mikoriza merupakan salah satu usaha dalam pengembangan budidaya Tribulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pupuk kascing, mikoriza, dan interaksi keduanya dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil Tribulus, dan mendapatkan kombinasi antara pupuk kascing dan mikoriza yang memberikan hasil paling baik.
Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret di Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni – Agustus 2016. Pelaksanaan penelitian meliputi analisis tanah, analisis pupuk, persiapan lahan, pemupukan dengan pemberian kascing dan inokulasi mikoriza, persiapan bibit, penanaman, pemeliharaan, pemanenan, dan pengamatan. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL). Penelitian terdiri atas dua faktor perlakuan yaitu dosis pupuk kascing (0 ton/ha, 10 ton/ha, 20 ton/ha, dan 30 ton/ha) dan dosis mikoriza (0 spora/tanaman, 50 spora/tanaman, 100 spora/tanaman). Terdapat 12 kombinasi perlakuan dan 3 blok. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, saat muncul bunga, volume akar, jumlah cabang, berat segar brangkasan tanaman, berat kering brangkasan tanaman, jumlah buah, jumlah biji, bobot buah, bobot 1000 biji, dan infeksi mikoriza. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F atau Analysis of Varian (ANOVA) jika terdapat pengaruh yang nyata dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kascing mampu meningkatkan pertumbuhan Tribulus terrestris meliputi volume akar sebesar 10%, jumlah cabang sebesar 28%, berat segar brangkasan sebesar 93%, berat kering brangkasan sebesar 49% dan hasil Tribulus terrestris meliputi jumlah buah sebesar 60%, jumlah biji sebesar 60,5%, bobot buah sebesar 85%, bobot 1000 biji sebesar 14,25%. Mikoriza mampu meningkatkan pertumbuhan Tribulus terrestris meliputi tinggi tanaman sebesar 12% serta volume akar sebesar 44% dan hasil Tribulus terrestris meliputi jumlah buah dan jumlah biji per tanaman sebesar 19%.  Interaksi kascing dan mikoriza mampu meningkatkan berat segar brangkasan dan berat kering brangkasan. Kombinasi antara kascing dosis 30 ton/ha dan mikoriza 100 spora/tanaman merupakan kombinasi yang paling efektif untuk berat kering brangkasansebesar 141,48%.

 

×
Penulis Utama : Wian Mahasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0713192
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas Pupuk Kascing dan Mikoriza dalam Meningkatkan Pertumbuhan dan Hasil Tribulus Terrestris
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Agroteknologi-H0713192-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Samanhudi, S.P., M.Si
2. Dr. Ir. Sudadi, M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.