Penulis Utama : Yeni Ovitasari
NIM / NIP : K1213080
×

ABSTRAK

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  (1)  unsur  intrinsik; (2)   unsur   ekstrinsik   dalam   kumpulan   cerpen   Belajar   Mencintai   Kambing; (3) relevansinya sebagai materi ajar Bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan metode struktural dan strategi analisis isi. Sumber data berupa teks kumpulan cerpen Belajar Mencintai Kambing dan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dan peserta didik SMA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan datanya menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data diperoleh melalui  triangulasi  metode.  Teknik  analisis  data  menggunakan  teknik  analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu (1) reduksi data; (2) sajian data; (3) penarikan kesimpulan.
Simpulan penelitian ini meliputi hal-hal sebagai berikut. Pertama, tema yang diangkat dalam cerpen dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu tema tentang moral, fisik dan   egoik.   Alur   dalam   cerita   ini   menggunakan   alur   maju.   Keenam   cerpen memunculkan tokoh sebagai masyarakat Jawa yang hidup dilingkungan pedesaan. Latar dalam cerpen mayoritas menggunakan lingkungan pedesaan. Sudut pandang yang digunakan dibagi menjadi dua, yaitu tiga cerpen dengan sudut pandang orang pertaman dan tiga cerpen menggunakan sudut pandang orang ketiga. Amanat yang terkandung mayoritas untuk generasi muda terkhusus untuk anak  sekolahan  agar tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Kedua, unsur ekstrinsik yang digunakan mayoritas dipengaruhi oleh lingkungan pengarang. Ketiga, cerpen relevan bila digunakan sebagai materi ajar bahasa Indonesia sesuai dengan kompetensi dasar (KD) 3.9.Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek bagi kelas XI di SMA.

Kata Kunci : cerpen, intrinsik, ekstrinsik, materi ajar

 

×
Penulis Utama : Yeni Ovitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213080
Tahun : 2017
Judul : Analisis Struktural Kumpulan Cerpen Belajar Mencintai Kambing Karya Mahfud Ikhwan dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bahasa Indonesia-K1213080-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.,
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.