Penulis Utama : Vinsensius Kriswidiatma Tjahja Hernawa
NIM / NIP : S811508012
×

ABSTRAK

 Pelajaran Agama menjadi sesuatu yang dianggap remeh oleh siswa SMA.  Mereka memilik  motivasi belajar yang rendah  dan pemahaman iman nilai-nilai Injil yang kurang . Injil adalah sumber iman Katolik. Pewartaan Injil  tidak mudah dipahami karena terkendala oleh budaya dan gaya berpikir yang berbeda jauh. Hal-hal inilah yang menjadi  latar belakang penelitian.
 Media film Tokoh Injil digunakan dalam penelitian dengan tujuan mendeskripsikan: (1) peningkatan  motivasi  belajar pendidikan agama katolik, (2) peningkatan prestasi belajar pada siswa Katolik  SMA Negeri 1 Kartasura.
Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai instrumen kunci, sedangkan untuk menentukan sumber data manusia menggunakan teknik deskriptif.teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara; (1) wawancara mendalam; (2) observasi berperan serta; dan (3) Angket motivasi  belajar. Untuk mengetahui kredibilitas data, dilakukan dengan berbagai teknik, yaitu (1) triangulasi; (2) pengecekan sejawat; dan (3) pengecekan anggota.  Data yang diperoleh dari  metode angket dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dari metode dokumentasi dan metode observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan motivasi belajar dalam angket pendidikan agama Katolik   dari 53 % pada pra siklus menjadi 83 % pada siklus II, (2) Media film Tokoh Injil  dapat mendorong kreatifitas siswa dan menumbuhkan pemahaman iman akan Yesus Kristus pada siswa dalam proses pembelajaran. Prestasi belajar yang diperoleh, rata-rata nilai dari pra siklus 72,86 dan pada siklus  2   nilai rata-rata 86,43 . Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa Katolik secara  signifikan.Kata Kunci :  Film Tokoh Injil, motivasi  belajar, prestasi belajar.

 

×
Penulis Utama : Vinsensius Kriswidiatma Tjahja Hernawa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811508012
Tahun : 2017
Judul : Pemanfaatan Media Film Tokoh Injil untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Kelas X SMA N 1 Kartasura Tahun 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Teknologi Pendidikan - S811508012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof,Dr. Mulyoto, M.Pd.
2. Dr. Djono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.