Penulis Utama : Tika Aprilia
NIM / NIP : S811602011
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemanfaatan media pembelajaran IPA yang digunakan guru kelas V SD Negeri Surakarta; 2) Prosedur dan hasil pengembangan media sains flipbook berbasis kontesktual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; dan 3) Tingkat keefektifan media sains  flipbook  berbasis  kontekstual  dalam  meningkatkan  kemampuan  berpikir kritis siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (penelitian dan pengembangan). Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa kelas V-1 SDN Mangkubumen Lor No. 15 sebagai kelas ekperimen dan 26 siswa VA SDN Cemara Dua sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dekriptif dan uji hipotesis (uji-t).
Pada penelitian ini didapatkan hasil kelayakan ahli media dengan rata-rata
4,38 termasuk dalam kriteria sangat baik. Validasi ahli materi memperoleh rata- rata 4,59 termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian hasil validasi siswa mulai dari one to one trial memperoleh rata-rata 3,54 termasuk dalam kriteria sangat baik, small group trial memperoleh skor rata-rata 3,37 termasuk dalam kriteria baik, dan pada tahap field trial memperoleh skor rata-rata 3,21 termasuk dalam kategori baik. Pada uji efektivitas pembelajaran diketahui nilai rata-rata yang diperoleh kelas ekperimen yaitu 88,12, nilai rata-rata tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 75,31. Selain itu, dengan menggunakan teknik  analisis  independent  sample  t-test  diperoleh  signifikansi  0,000  <  0,05 artinya H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media sains flipbook berbasis kontekstual untuk kelas V SD telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran IPA dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: Pengembangan, Media Sains Flipbook, Kontekstual, Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa, Pembelajaran IPA.

 

×
Penulis Utama : Tika Aprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811602011
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Teknologi Pendidikan - S811602011-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Dr. Djono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.