Penulis Utama : Nur Isni Purwinanti
NIM / NIP : K7113159
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis eksposisi melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking (GNT) pada siswa kelas V SD N Sebomenggalan Tahun Ajaran 2016-2017.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan dalam satu pertemuan terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Sebomenggalan yang berjumlah 23 siswa dan seorang guru. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui wawancara terhadap guru kelas V, wawancara terhadap siswa kelas V, observasi kinerja guru, observasi  aktivitas  siswa,  penilaian  tes  hasil  keterampilan  menulis  eksposisi siswa, dan dokumentasi berupa foto dan video saat pembelajaran. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil   penelitian   tindakan   kelas   ini   menunjukkan   bahwa   persentase ketuntasan klasikal keterampilan menulis eksposisi siswa kelas V pada kondisi pra tindakan adalah 4,35%. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan menjadi 17,39%. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan menjadi 56,52%. Pada siklus III persentase ketuntasan kelas mengalami peningkatan menjadi 91,30%.
Simpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah strategi pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dapat meningkatkan keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas V SD N Sebomenggalan Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci: Keterampilan Menulis Eksposisi, Strategi Pembelajaran Guided Note
Taking (GNT).

 

×
Penulis Utama : Nur Isni Purwinanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113159
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi melalui Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD N Sebomenggalan Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7113159-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sularmi, M. Pd.,
2. Dra. Lies Lestari, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.