Penulis Utama : Muhammad Al Qornaini Wicaksana
NIM / NIP : K1509028
×

ABSTRAK

 


Muhammad Al Qurnaini Wicaksana. Perancangan Alat Peraga Rumah Sederhana Bertingkat Sebagai Media Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Konsruksi Bangunan Gedung III Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juni 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa alat peraga pembelajaran yang layak sebagai salah satu sarana penunjang pembelajaran mata kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III. Produk yang dikembangkan berdasarkan studi tentang analisis kebutuhan adalah media pembelajaran Alat Peraga Rumah Sederhana Bertingkat.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D).  Subjek  pada  penelitian  ini  adalah  Mahasiswa  Pendidikan  Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berjumlah 60 mahasiswa. Sumber data penelitian diperoleh dari 1 ahli media, 1 ahli substansi dan instruksional pembelajaran, dan 1 dosen mata kuliah KBG III. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi dalam tiga tahapan penting antara lain tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan desain model dan tahap validasi model. Analisa data menggunakan t-test.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  perancangan  media  pembelajaran alat peraga rumah bertingkat layak digunakan sebagai salah satu media penunjang pembelajaran, hal ini berdasarkan prosentase yang didapatkan pada (1) Aspek Substansi, 83 % (sangat baik). (2) Aspek Instruksional, 76 % (baik). (3) Aspek Media, 80,35 % (sangat baik). 4) Peningkatan hasil belajar mahasiswa mencapai nilai signifikansi t-test sebesar -7,52, dimana rata-rata nilai pre test sebesar 67,1 menjadi 75,75 pada post test. Jika semua nilai hasil penelitian disesuaikan dengan range kelayakan, maka nilai yang ditunjukkan adalah di atas 75 %, hasil tersebut membuktikan bahwa alat peraga rumah sederhana bertingkat layak menjadi salah satu media pembelajaran alternatif yang efektif dan dapat direkomendasikan sebagai produk inovasi baru dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Alat Peraga Pembelajaran, Konstruksi Bangunan Gedung III, Rumah Sederhana Bertingkat, Research and Development (R&D).

×
Penulis Utama : Muhammad Al Qornaini Wicaksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1509028
Tahun : 2017
Judul : Perancangan Alat Peraga Rumah Sederhana Bertingkat Sebagai Media Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Teknik Bangunan-K1509028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Chundakus Habsya, M. Arc
2. Budi Siswanto, S.Pd, M.Arc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.