Penulis Utama : Nur Indah Dwi Susanti
NIM / NIP : K6413047
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk keteladanan  dalam  kompetensi  kepribadian  guru  PPKn  di  SMP  Negeri  1
Mojolaban;  (2)  Untuk  mengetahui  implikasi  keteladanan  guru PPKn terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di SMP Negeri 1 Mojolaban.
Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   penelitian   kualiatif,   jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Bentuk- bentuk keteladanan dalam kompetensi kepribadian guru PPKn sebagai berikut: kepribadian guru yang disiplin, kepribadian guru yang demokratis, kepribadian
guru yang penyabar, kepribadian guru yang tenggang rasa, kepribadian guru yang berwawasan luas. (2) Implikasi keteladanan guru PPKn terhadap pembentukan karakter disiplin siswa sebagai berikut: siswa mampu menerima dan mencontoh keteladanan salah satu guru PPKn, ditunjukkan dengan tidak terlambat masuk ke kelas saat jam pelajaran dimulai, siswa melengkapi atribut dan seragam sekolah, siswa mengikuti pelajaran di kelas dan tidak membolos,siswa selalu mengikuti upacara bendera, dan menjaga kebersihan di sekolah. Namun keteladanan bukan faktor yang paling menentukan dalam membentuk karakter disiplin siswa, hal ini terlihat siswa menunjukkan karakter disiplinnya hanya saat di kelas guru PPKn kelas VII saja sedangkan saat pembelajaran guru yang lain belum mampu menunjukkan karakter disiplin.

Kata     kunci:     Kompetensi     Kepribadian,     Pendidikan     Pancasila     dan
Kewarganegaraan, Keteladanan, Karakter disiplin

 

×
Penulis Utama : Nur Indah Dwi Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413047
Tahun : 2017
Judul : Kompetensi Kepribadian Guru PPKN Melalui Keteladanan dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa (Studi di SMP Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6413047-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rima Vien PH, SH.,MH
2. Dr. Moh Muchtarom, S.Ag., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.