Penulis Utama : Mukhlis Sidiq H
NIM / NIP : K5610057
×

ABSTRAK
    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran bagian dan keseluruhan terhadap pencapaian hasil keterampilan lay up pada ekstrakurikuler basket putra SMA AL ISLAM 1 Surakarta Tahun 2015/ 2016.
Metode penelitian yang digunakan dalm penelitian ini adalah metode eksperiment, dan pelaksanaan latihan dengan metode latihan bagian dan metode latihan keseluruhan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler basket putra SMA AL ISLAM 1 Surakarta Tahun 2015/ 2016 yang berjumlah  33 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (Penarikan sampel secara sengaja) yang artinya : penarikan sampel berdasarkan pendapat peneliti bahwa responden akan memberikan informasi dengan tujuan penelitian, sehingga diperoleh sampel sebanyak 32 orang.
Hasil penelitian sesuai pengujian hipotesis menyimpulkan : 1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Bagian dan metode pembelajaran Keseluruhan terhadap pencapaian hasil keterampilan Lay Up Bola Basket Pada Ekstrakurikuler Basket Putra SMA AL ISLAM 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu, thitung 3.87298 lebih besar dari ttabel 2.43 dengan taraf signifikasi 5 %. 2) Metode pembelajaran Bagian lebih baik pengaruhnya dari pada metode pembelajaran Keseluruhan terhadap pencapaian hasil keterampilan Lay Up Bola Basket Pada Ekstrakurikuler Basket Putra SMA AL ISLAM 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan persentase peningkatan pencapaian hasil belajar Lay Up Bola Basket menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode pembelajaran bagian) adalah 34.453% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode pembelajaran keseluruhan) adalah 8.511%.
Metode latihan bagian dan metode latihan keseluruhan merupakan metode yang bisa meningkatkan kemampuan Lay Up bola basket, tetapi metode yang paling baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan lay up bola basket adalah metode latihan bagian.
    
Kata Kunci : Metode pembelajaran keseluruhan, Metode pembelajaran bagian, Lay Up Bola Basket

 

×
Penulis Utama : Mukhlis Sidiq H
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5610057
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Bagian dan Keseluruhan terhadap Pencapaian Hasil Keterampilan Lay Up pada Ekstrakurikuler Basket Putra SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/ 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan - K5610057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Islahuzzaman N, S.Pd.M.Or
2. Drs. Sukono, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.