Penulis Utama : Muh Ridho
NIM / NIP : M0410039
×

ABSTRAK

Kualitas perairan suatu lingkungan memungkinkan mempengaruhi lobster air tawar, terutama kandungan Ca terlarut. Rawa Pening terbentuk dari proses semi alamiah dan Waduk Kedung Ombo merupakan waduk buatan dari proyek Jratunseluna, keduanya merupakan daerah pelestarian lobster air tawar red claw dengan keadaan lingkungan perairan yang berbeda sebagai media hidup, sehingga perlu adanya penelitian pengaruh kalsium yang terdapat pada kualitas perairan terhadap morfometri dan kandungan CaCO3 pada cangkang lobster air tawar Red Claw  (Cherax quadricarinatus). Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah mengetahui pengaruh kandungan kalsium di perairan Rawa Pening dan Waduk Kedung Ombo terhadap morfometri dan kandungan CaCO3 pada cangkang lobster air tawar (Cherax quadricarinatus).
Pengambilan sampel lobster air tawar red claw dilakukan di Rawa Pening Ambarawa dan Waduk Kedung Ombo Sragen. Parameter lingkungan (abiotik) yang diukur meliputi suhu, kecerahan, kekeruhan, pH, Dissolved Oxygen (DO), Biochemical Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), dan Ca terlarut. Pengamatan morfometri dilakukan di laboratorium Pusat UNS Surakarta, dengan parameter berat, panjang, dan warna. Pengujian CaCO3  pada cangkang menggunakan metode SSA (Spektrofotometer Serapan Atom). Analisis data menggunakan analisa korelasi untuk mengetahui pengaruh parameter lingkungan (kimia, fisika) terhadap morfometri dan cangkang lobster air tawar. Untuk mengetahui perbeda kandungan kalsium dan morfometri menggunakan uji T-test.
Hasil penelitian menunjukan perairan Rawa Pening dan Kedung Ombo masih pada kondisi baik menurut Baku Mutu Air PPRI No. 82 tahun 2001 kelas II. Dari uji T-test didapat perbedaan morfologi, morfometri dan kandungan klasium di perairan Rawa Pening dan Kedung Ombo yang signifikan. Maka dari uji korelasi terdapat pengaruh kandungan kalsium di perairan terhadap berat total lobster, berat cangkang, kandungan CaCO3 , dan morfometri lobster air tawar di perairan tersebut. Kata Kunci : Lobster, CaCO3, Cherax quadricarinatus

 

×
Penulis Utama : Muh Ridho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0410039
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Kandungan Kalsium di Perairan Rawa Pening Ambarawa dan Waduk Kedung Ombo Sragen terhadap Morfometri Dan Kalsium Karbonat pada Cangkang Lobster Air Tawar (Cherax Quadricarinatus)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2017
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prog. Studi Biologi - M0410039-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sunarto, M.S.
2. Dr. Agung Budiharjo, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.