Penulis Utama : Maya Dwi Fistiani
NIM / NIP : M0213055
×


ABSTRAK

 

Penelitian ini mengkaji pengaruh pencampuran dye alami terhadap kinerja DSSC. Pencampuran dye bertujuan untuk memperlebar daerah serapan dye alami. Dye yang digunakan adalah antosianin, kurkumin, dan klorofil. Antosianin diekstraksi dari kol merah, kurkumin dari kunyit, sedangkan klorofil dari daun bayam. Komposisi dye campuran divariasikan dengan perbandingan volume larutan  antosianin:kurkumin  dan  antosianin:klorofil  masing-masing  25%:75%,
50%:50%,  dan  75%:25%.  Karakterisasi  sifat  optik  dan  fotovoltaik  I-V diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan Keithley I-V meter. Hasil karakterisasi UV-Vis menunjukkan bahwa campuran dye memiliki serapan panjang gelombang yang lebih lebar dibandingkan dengan dye tunggal. Hasil karakterisasi I-V menunjukkan bahwa campuran antosianin-kurkumin dapat meningkatkan efisiensi DSSC pada perbandingan 25%:75% dengan efisiensi sebesar 0,07%. Campuran antosianin-klorofil belum mampu meningkatkan efisiensi DSSC karena penurunan absorbansi yang cukup drastis.


Kata kunci : DSSC, campuran dye, antosianin, kurkumin, klorofil.

 

×
Penulis Utama : Maya Dwi Fistiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0213055
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pencampuran Dye Alami Antosianin, Kurkumin,dan Klorofil terhadap Kinerja Dye Sensitized Solar Cell (Dssc)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2017
Program Studi : S-1 Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prog. Studi Fisika - M0213055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Fahru Nurosyid, S.Si., M.Si.
2. Dr. Agus Supriyanto, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.