Penulis Utama : Aie Nur Baeti
NIM / NIP : M0410002
×

ABSTRAK
    Bioetanol merupakan salah satu energi terbarukan yang sangat potensial menggantikan sumber bahan bakar fosil. Sumber energi bioetanol dapat berasal dari limbah buah jeruk yang banyak terdapat di pasar tradisional dan tidak dimanfaatkan. Selulosa yang  terdapat dalam limbah buah jeruk dapat diubah menjadi etanol dengan proses kimia dan biologi. Untuk mengubah selulosa menjadi glukosa diperlukan proses hidrolisis dengan larutan asam (H2SO4), untuk mengubah gula menjadi bioetanol diperlukan proses fermentasi dengan menggunakan khamir Saccharomyces cerevisiae. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar etanol tertinggi yang dihasilkan dari limbah buah jeruk (Citrus sp) yang difermentasi oleh Saccharomyces cerevisiae dengan tiga perbedaan suhu.
Pada penelitian ini ekstrak buah dibuat dari limbah buah jeruk tanpa kulit luar kemudian ditambahkan asam H2SO4 1 M dengan konsentrasi asam yaitu 2  % v/v. Hasil hidrolisis difermentasi dengan khamir Saccharomyces cerevisiae selama tiga hari dan bioetanol dimurnikan dengan metode destilasi. Fermentasi dilakukan dengan perubahan 3 tingkat suhu yaitu 28oC, 29oC, 31oC. Terakhir hasil fermentasi dimurnikan secara destilasi. Hasil yang didapatkan dianalisis dengan ANOVA (Analisis Varian) kemudian uji lanjutan dengan DMRT pada taraf uji 5%. Pengukuran kadar etanol dengan metode AOAC (Association of Official Analytical Chemistry) merupakan metode pengukuran berat jenis dengan alat piknometer. Hasil kadar etanol yang tertinggi yaitu pada suhu 28o C dan 29oC tidak ada beda nyata yaitu sebesar 2,43% dan 2,57%.
Kata kunci    : Bioetanol, Limbah buah jeruk, perbedaan suhu fermentasi, Saccharomyces cerevisiae.

 

×
Penulis Utama : Aie Nur Baeti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0410002
Tahun : 2017
Judul : Variasi Suhu Fermentasi oleh Saccharomyces Cerevisiae terhadap Limbah Buah Jeruk (Citrus Sp) untuk Produksi Bioetanol
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2017
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prog. Studi Biologi - M0410002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D
2. Dr. Edwi Mahajoeno, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.