Penulis Utama : Kelik Budiyono
NIM / NIP : S311302006
×

ABSTRAK


Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas, kendala, dan hambatan serta solusi  pelaksanaan  Proyek  Nasional  Agraria  (PRONA)  di  Kabupaten Karanganyar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode non-doktrinal atau penelitian   hukum empiris. Lokasi penelitian ini adalah Kantor Pertanahan Kabupaten   Karanganyar.   Teknik   pengumpulan   data   meliputi   wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil  penelitian  efektifitas  Proyek  Nasional  Ngraria  (PRONA)  adalah adanya kendala dan hambatan pada pelaksanaan antara lain: kurangnya koordinasi dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan di Sragen mengakibatkan perbedaan persepsi dalam mekanisme pencairan dana, mekanisme pekerjaan bendaharawan belum lancer karena masih dalam tahap pembelajaran, para camat dan para kepala desa kurang mendukung karena beranggapan akan mengurangi rezeki mereka, keterbatasan dana dan prasarana, serta adanya beberapa kendala teknis. Solusi atas kendala tersebut adalah program Prona dijadikan sebagai  program Pemerintah Kabupaten dengan di dukung DPRD setempat, menyusun Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis untuk para Camat dan Kepala Desa, mengadakan perbaikan sarana dan prasarana, dan mengadakan kerjasama dengan teknisi (programmer komputer) setempat. Masyarakat merasa sangat terbantu dengan program Prona karena ada beberapa beban biaya yang dibebaskan, masyarakat sangat antusias dan berpartisipasi aktif,   masyarakat sangat terbantu sekali dengan diberikan sertipikat   ha   katas   tanah   miliknya.   Waktu   sosialisasi   program   ada   yang menyatakan cukup lama, sehingga masyarakat banyak yang sudah tahu dan segera mempersiapkan data fisik dan namun ada juga yang menyatakan terlalu singkat.
Implementasi dari penelitian ini bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan Proyek  Nasional   Agraria   adalah  memberikan   pelayanan   pendaftaran   tanah pertama kali dengan proses yang sederhana, mudah dan cepat dalam rangka percepatan pendaftaran tanah di seluruh Indonesia. Pelaksanaan Proyek Nasional Agraria   merupakan   salah   satu   wujud   upaya   pemerintah   dalam   rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan ekonomi lemah sampai dengan menengah.

Kata Kunci : Efektivitas, Peraturan Menteri Negara Agraria Nomor 3 Tahun
1997, Proyek Nasional Agraria

 

×
Penulis Utama : Kelik Budiyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S311302006
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas Pelaksanaan Proyek Nasional Agraria (Prona) di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Hukum (Hukum Kebijakan Publik)
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prog. Studi Magister Ilmu Hukum- S311302006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, S.H., M.M.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.