Penulis Utama : Indah Sri Wahyuni
NIM / NIP : H0813082
×

RINGKASAN


PENGENDALIAN MUTU PRODUK DENGAN PENDEKATAN MANUAL GMP (GOOD MANUFACTURING PRACTICE) DI UKM SRI REJEKI PALU, SULAWESI TENGAH. Skripsi: Indah Sri Wahyuni (H0813082). Pembimbing: Suprapti Supardi, Kusnandar. Program Studi: Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.
Bawang merah merupakan salah satu golongan holtikutura yang menjadi hasil pertanian unggulan dari lembah Palu. Bawang merah banyak diusahakan masyarakat karena memiliki nilai jual yang tinggi di daerah Kota Palu. Salah satu cara meningkatkan nilai jual bawang merah adalah dengan melakukan pengolahan menjadi bawang goreng. Usaha yang bergerak pada proses pengolahan menjadi sebuah  produk  senantiasa  mengarahkan  usahanya  untuk  menghasilkan  produk yang memenuhi standar keamanan dan memberikan kepuasan pada konsumen. Memenuhi standar keamanan dapat dilakukan dengan menerapkan good manufacturing practice pada proses produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengendalian mutu dengan pendekatan GMP (good manufacturing practice) di UKM Sri Rejeki.
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei 2017 sampai Juni 2017 di UKM Sri Rejeki Palu, Sulawesi Tengah. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian lapangan. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu berupa penggambaran dengan  kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis  dapat  disampaikan  bahwa  Implementasi  Pengendalian  Mutu  Produk dengan Pendekatan Manual GMP (Good Manufacturing Practice) di UKM Sri Rejeki Palu, Sulawesi Tengah dengan perolehan angka 517  yang menyatakan telah sesuai dengan prosedur dan pedoman GMP. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil evaluasi penilaian aspek-aspek dalam GMP oleh peneliti dengan panduan dinas perindagkop melalui observasi dan kerja lapang. Penelitian ini juga memberikan pengaruh pada pihak UKM Sri Rejeki tentang pentingnya mutu produk dan memberikan tambahan pengetahuan cara pengendalian mutu dengan benar.

Kata Kunci : GMP, bawang goreng, kualitas

 

×
Penulis Utama : Indah Sri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813082
Tahun : 2017
Judul : Pengendalian Mutu Bawang Goreng Dengan Pendekatan Manual GMP (Good Manufacturing Practice) di UKM Sri Rejeki Palu Sulawesi Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian-Prog. Agribisnis-H0813082 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suprapti Supardi, MP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.